PUBG Mobile dan TikTok Jadi Aplikasi Berpenghasilan Tertinggi

Editor: Redaksi
27 pembaca

JALURNEWS.COM, JAKARTA – Laporan terbaru dari perusahaan software, Sensor Tower, mengungkapkan bahwa PUBG Mobile dan TikTok menjadi aplikasi berpenghasilan tertinggi di App Store dan Google Play Store pada kuartal ketiga 2021.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa keduanya menjadi aplikasi terlaris di dunia dari kategori game dan media sosial.

Kedua aplikasi itu mendapatkan  unduhan terbanyak di kategorinya. Belanja konsumen di aplikasi TikTok mengalami pertumbuhan 41 persen daripada periode yang sama tahun lalu. Angka pendapatan TikTok yang dilaporkan oleh Sensor Tower juga termasuk Douyin versi iOS di Cina. Sementara, belanja konsumen di PUBG Mobile dilaporkan naik 11 persen dibandingkan tahun lalu. 

Laporan Sensor Tower mengungkapkan bahwa pengeluaran konsumen secara keseluruhan untuk pembelian dalam aplikasi, aplikasi premium, dan langganan tumbuh 15,1 persen daipada periode yang sama tahun lalu menjadi US$ 33,6 miliar (Rp 479,5 triliun) di Apple App Store dan Google Play toko.

Pertumbuhan di Google Play Store, belanja konsumen tumbuh 18,6 persen menjadi US$ 12,1 miliar (Rp 265,5 triliun). Sementara pertumbuhan di App Store, terlihat pengeluaran konsumen yang lebih tinggi US$ 21,5 miliar (Rp 307 triliun) dengan pertumbuhan 13,2 persen daripada periode yang sama tahun lalu.


Selain TikTok, secara keseluruan, aplikasi non-game dengan penghasilan terbanyak adalah Manga Piccoma di urutan kedua dengan pendapatan yang dilaporkan tumbuh 130 persen, diikuti YouTube, yang mencatat belanja konsumen naik 17 persen. Google One dan Disney+ melengkapi aplikasi dengan pendapatan tertinggi masing-masing di nomor empat dan lima.

Sebelumnya, Sensor Tower juga melaporkan bahwa TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada kuartal ketiga 2021, diikuti Instagram,  Facebook, WhatsApp, dan Facebook Messenger. TikTok juga baru-baru ini melampaui 3 miliar pemasangan secara global, menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang melakukannya. 

Pengeluaran konsumen untuk game seluler terus meningkat dan Sensor Tower mengatakan bahwa PUBG Mobile menempati posisi teratas dalam kategori tersebut. Tencent’s Honor of Kings dan miHoYo’s smash hit Genshin Impact mengikuti PUBG Mobile di game terlaris untuk kuartal ketiga 2021.


Sementara Pokemon Go dari Niantic dan Roblox dari Roblox Corp melengkapi lima besar, dengan Pokemon Go mengalami pengeluaran konsumen turun 8 persen dan Roblox mengalami pertumbuhan 9 persen dibandingkan dengan kuartal ketiga 2020. 

Berita Terkait

HPN