Perempuan Tani HKTI Bintan Panen Perdana Selada dan Sawi

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Bintan – Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Bintan melalui wanita produktif melalui pertanian sayur organik, pertahanan ekonomi terkait Covid-19, perkebunan ini beralamat di Perumahan Telaga Surya Regency Blok D No. 6, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan Provinsi Kepri, Minggu (15/11/2020).

Rani Kumala, selaku ketua kelompok himpunan petani wanita Kabupaten Bintan, menjelaskan bahwa dengan adanya program pertanian sayur organik sangat membantu perekonomian keluarga.

“Dari pengamanan hingga panen hanya membutuhkan empat (4) minggu, sayur-sayur tersebut ditanam dengan menggunakan paralon dan sangat efektif dan efisien,” ujar Rani.

Sekali panen Rani menjelaskan bahwa saat perdana ini, 2,5 kg sayur jenis selada 2,5 kg, Sawi manis 3 kg.

“Kegiatan ini adalah program Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, guna menekan majunya usaha mikro dan UMKM untuk ibu-ibu rumah tangga,” jelas Rani lagi.

“Dinas Kabupaten Bintan menyalurkan bantuan lengkap dengan bibit dan nutrisi sehingga sayur-sayuran bisa tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan sayur yang unggul yang layak dikonsumsi,“ ungkap Rani.

“Hasil panen Salada dan Sawi manis tersebut dijual kepada sesama anggota dengan harga Rp10,000/pack, selada berjumlah 13 pack, dan Sawi manis 7 pack,” ujarnya.

“Program ini sangat menginspirasi dan memotivasi setiap ibu-ibu rumah tangga, sehingga bisa sedikit membantu perekonomian keluarga, dimana saat ini sangat sulit meraih pekerjaan dan pendapatan, terkait pandemi Covid-19,” tutup Rani.

Penulis: Juliansyah

Berita Terkait