Syamsul Bahrum lantik Pengurus FKDM Kecamatan se-Kota Batam, Cegah Dini Ancaman Konflik

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Batam – Tepat tanggal 28 Oktober 2020 yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda, Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota dan Kecamatan se-Kota Batam resmi terbentuk.  FKDM Kecamatan se-Kota Batam resmi dilantik Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum di Gedung Pemko Batam, Rabu (28/10/2020).

Syamsul mengatakan FKDM merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negri RI Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

“Kita berharap FKDM dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan tim kewaspadaan dini pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua FKDM, Alwan mengatakan  tugas FKDM unfuk memberikan stimulan informasi kepada pihak terkait.

“Disini kita memberikan informasi kepada intel seperti di  kepolisian, kejaksaan dan TNI, jika ada masalah ekstrim kita lakukan upaya preventif. Misalnya kita lakukan bentuk kerja sama dengan kampus-kampus untuk melakukan seminar dan sosialisasi,” ujar Alwan.

Tambahnya, “Selain itu kita mewaspdai ancaman isu radikalisme rasisme yang sering berkembang di masyarakat, paham ini harus di hilangkan karena terkadang memunculkan konflik dan ancaman bagi bangsa,” paparnya.

Setiap pengurus FKDM kota dan kecamatan terdiri dari 5 orang fungsi. Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Anggota. Pengurus di bawah naungan Wali Kota sebagai pembina dan Sekda sebagai pengarah. (non)

Berita Terkait