Kapolri Pertama Jenderal (Purn) Pol. Raden Said Soekanto Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Jakarta – Menteri Sosial Juliari Pieter memastikan Jenderal (Purn) Pol. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pertama dan lima orang lainnya bakal mendapatkan gelar pahlawan nasional.

“Keenamnya adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, yang kedua Machmud Singgirei rumagesan dari Provinsi Papua Barat jadi provinsi Maluku Utara dan Provinsi Papua Barat ini memang belum pernah memiliki Pahlawan Nasional dan apabila tidak ada perubahan Insya Allah kedua pahlawan ini akan diberikan gelar pahlawan nasional di tahun 2020 ini, yang ketiga Jenderal (Purn) Pol. Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pertama yang berdomisili di DKI Jakarta, yang keempat adalah Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan di era Presiden Soekarno, yang kelima Mr. SM. Amin Nasution dari Provinsi Sumatera Utara dan keenam Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi”,” katanya, dalam rilis yang diterima redaksi Sabtu (7/11/2020).

Menrut Menteri enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2020 yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tanggal 10 November 2020 setelah acara ziarah nasional.

“Jadi saya sampaikan sekali lagi, apabila tidak ada perubahan keenam beliau ini sudah melalui proses baik dari Kementerian Sosial maupun dari Dewan Gelar akan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional,” jelas Mensos Ari.

Penulis : Tata

Berita Terkait