Syamsul Bahrum Ajak Umat Muslim Teladani Nabi Saat Wabah Pandemi

Editor: Nike
Pjs Walikota Batam Ajak Umat Muslim Teladani Nabi Saat Wabah Pandemi

JALURNEWS.COM, Batam – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengajak umat muslim meneladani Nabi Muhammad SAW saat menghadapi wabah atau pandemi. Hal itu ia sampaikan usai menghadiri peringatan maulid Nabi di Masjid At-Taubah Bengkong, Batam, Minggu (15/11/2020).

“Selalu ada pelajaran, hikmah, dan keteladanan pada kehidupan Nabi Muhammad SAW. Selalu ada contoh yang baik,” kata Syamsul.

Tak terkecuali saat Nabi menghadapi wabah penyakit yang menulari banyak orang. Sebagai tindakan pencegahan, Rasulullah SAW, kata dia, memerintahkan untuk tidak berdekatan dengan penderita maupun wilayah yang terkena wabah.

“Rupanya konsep karantina wilayah ini sudah diungkapkan dalam sabda Nabi,” katanya.

Adapun bunyi sabda Nabi tersebut, “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah maka janganlah kalian memasukinya. Namun, jika terjadi wabah di tempat kamu berada maka jangan tinggalkan tempat itu.”

“Ini penting bagi kita semua, agar wabah yang kita hadapi saat ini bisa dihentikan penyebarannya,” kata dia.

Dalam peringatan maulid Nabi yang dihadiri Habib Muhammad Syahab itu, Syamsul juga mengajak umat memperkuat majelis zikir dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemudian, lanjut dia, memperkuat tali persaudaraan di kondisi apapun.

“Terutama di kondisi pandemi ini, mari kita gotong royong saling membantu,” kata dia.

Penulis: r/noni

Berita Terkait