Othank Foundation Gelar Penyemprotan Disfektan dan Bagi-bagi Masker

Editor: Nike
Othank Foundation semprotkan disfektan di sekita lokasi

JALURNEWS.COM, Jakarta – Kasus virus corona di Indonesia menguatirkan, tercatat juga mengalami peningkatan, baik dari jumlah kasus, sembuh, maupun meningggal dunia. Hingga Sabtu (23/1/2021) pukul 12.00 WIB, kasus Covid -19 bertambah sebanyak 12.191. Sehingga jumlahnya saat ini menjadi 977. 474 orang. 

Sedangkan untuk kasus sembuh, juga ada penambahan sebanyak 9.912 orang. Penambahan itu sekaligus menjadikan total pasien yang telah sembuh menjadi 791.059 orang.

Namun, pasien yang meninggal dunia karena infeksi Covid-19 juga ikut bertambah banyak 211 orang. Sehingga jumlah pasien yang meninggal dunia kini jumlahnya menjadi 27. 664 orang.

Melihat tingginya korban Covid-19 yang terpapar Covid-19, Othank Foundation menggelar penyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada warga sekitar. Ketua Othank Faundation Lydiawati Sihotang mengatakan, lembaga yang dibesutnya adalah lebih fokus kepada program kesehatan dan pendampingan masyrakat.

Lydiawati menuturkan, Othank Faundation bergerak melakukan penyemprotan ke wilayah kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur karena tercatat, salah satu wilayah zona merah.

“Dengan penyemprotan dan pemberian masker ini kami berharap terputusnya penyebaran pandemi covid-19 sehingga Jakarta pulih dan kehidupan masyarakat berjalan normal kembali,” ujar Lydiawati, Sabtu (23/1/2021).

Dia mengatakan, sebelum melakukan penyemprotan dan pemberian masker terlebih dahulu berkoordinasi dengan pikah kelurahan dan Rukun Warga setempat. Menurutnya, penyemprotan hari ini dilakukan di wilayah RW 01 dan RW 05 Kelurahan Ceger.

Tampak, tim Othank Foundation memberikan masker kepada Sekretaris Kelurahan Aprilia dan Kasatpol PP Agus sebagai simbolis yayasan yang bergerak bidang kesehatan dan pendampingan masyarakat itu mendapat ijin dari pihak kelurahan Ceger.

“Kami mengerahkan tim tenaga penyemprot disfektan untuk terlibat langsung di tengah-tengah warga. Tentunya keterlibatan Ketua RT dan RW setempat sangat membantu berjalan kegiatan ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Advokasi dan Pendampingan Masyarakat Samuel L. Tobing menuturkan, Othank Foundation ingin Jakarta pulih dari persoalan virus corona. Pasalnya, akibat pandemi Covid-19 ini mengakibatkan anjloknya perekonomian Indonesia dari pertumbuhan 5 persen menjadi minus.

“Banyaknya pemutusan hubungan kerja sangat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Ini artinya tingkat pengangguran akan semakin meningkat dan negara akan menjadi beban. Karena dengan jumlah orang yang dirumahkan berdasarkan data pemerintah sekitar 10 juta orang. Bukan jumlah yang sedikit,” tutur Samuel prihatin.   

Yayasan Othank Foundation didirikan di tengah-tengah pandemi Covid-19 oleh sejumlah anak-anak muda yang ingin masyarakat hidup sehat. Mereka Lydiawati Sihotang, Idona Pardede, Sukanti dan Samuel L Tobing.

Diketahui, salah satu kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur berdasarkan data yang tercatat termasuk salah satu zona merah. “Dengan penyemprotan dan pemberian masker ini akan semakin memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah Jakarta Timur,” ujar Samuel.

Penulis : Ralian

Berita Terkait