Bea Cukai Batam Menjadi Terbaik Ke-2 Kualitas Anggaran Tingkat Bea Cukai Se-Indonesia

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Batam – Bea Cukai Batam berhasil menjadi yang terbaik ke-2 atas capaian Indikator Kinerja Utama Persentase Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKU PKPA) Tingkat Bea Cukai Se-Indonesia, dengan nilai akhir sebesar 99,73.

Kepala Subbagian Keuangan Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam (KPU BC Batam), Yusup Mahrizal menjelaskan bahwa Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk menentukan dan mengukur kemajuan atas sasaran organisasi.

“IKU PKPA merupakan IKU yang dibebankan kepada setiap Kuasa Pengguna Anggaran pada satuan kerja Kementerian/Lembaga dalam rangka penilaian kualitas pelaksanaan belanja atas anggaran DIPA yang diberikan pada tahun berjalan,” jelas Yusup, Sabtu (6/3/2021).

Yusup juga menjelaskan bahwa indikator yang dinilai adalah Indeks Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKPA) penilai dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) penilai dari direktirat jenderal anggaran.

“Dalam penilaian IKPA terdiri 13 indikator penilaian dengan bobot penilaian masing-masing, mulai dari penyusunan anggaran, pelaksanaan belanja dan sampai dengan pertanggung jawaban anggaran. Selanjutnya, dalam penilaian EKA terdiri dari indikator capaian output, efisiensi, konsistensi dan penyerapan anggaran,” terang Yusup.

Terpisah, Kepala Bagian Umum KPU BC Batam, Koen Rachmanto menyampaikan bahwa prestasi tersebut dapat terwujud atas semua dukungan dan peran aktif dari Kepala Kantor KPU BC Batam, Kepala PSO BC Batam, Para Kepala Bidang, dan segenap pejabat dan pegawai di lingkungan KPU BC Batam.

“Pencapaian ini mustahil terwujud jika tidak ada kolaborasi yang luar biasa antara bagian umum dan bidang lainnya, termasuk satker di bawahnya, juga terima kasih terkhusus kepada segenap tim keuangan, baik pejabat dan anggota yang sekarang maupun yang saat ini telah bergeser ke kantor atau bidang lain,” tutup Koen.

Adanya prestasi tersebut juga diharapkan dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi berbagai pihak untuk memberikan yang terbaik bagi Bea Cukai Batam dan dapat berdampak terhadap pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Penulis : Rls/Yendri

Berita Terkait