Pangkas Birokrasi Memakan Waktu, Pemkab Asahan Akan Terapkan Digitalisasi

Editor: Nike
Bupati Asahan, H.Surya BSc tengah menjelaskan tentang digitalisasi birokrasi untuk memangkas waktu dalam kegiatan forum OPD digitalisasi birokrasi di Asahan, Foto DinasKominfoAsahan

JALURNEWS.COM, Kisaran – Digitalisasi birokrasi merupakan kultur baru yang dapat memangkas birokrasi yang memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Hal itu menimbulkan tantangan bagi para ASN untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat, praktis, mudah, dan sederhana serta responsif.

Demikian dikatakan Bupati Asahan,H.Surya BSc dalam acara forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kelompok digitalisasi birokrasi,Kamis,(18/03/2021). Kegiatan tersebut digelar di Aula Dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu Asahan.

Hadir dalam acara itu,Bupati Asahan H.Surya, BSc, Sekda Asahan,Drs. Jhon Hardi Nasution M.Si, dan Kadis Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si.Forum tersebut digelar untuk penyusunan rencana program kerja Bidang Digitalisasi Birokrasi Kabupaten Asahan.

Menurut Bupati Asahan,prinsip dasar yang harus diingat adalah bahwa muara dari semua upaya digitalisasi birokrasi.  Yaitu,peningkatan kualitas pelayanan publik yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Sehingga,diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan kemudahan Informasi publik dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Terkait revolusi industri digital ini, kita tidak ada alasan untuk tidak ikut di dalamnya. Semua dinas harus siap dan saling terhubung dengan jaringan,” ujar H.Surya.

Karena itu, katanya, adalah program prioritas Kabupaten Asahan. Untuk itu,Bupati Asahan mengajak masyarakat  bekerjasama dan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mendukung Program yang berkaitan dengan bidang Digitalisasi Birokrasi.

Strategisnya kegiatan itu untuk mensinergikan program prioritas di bidang Digitalisasi Birokrasi yang merupakan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja perangkat daerah.

“Kegiatan ini sangat strategis, karena berkaitan dengan pelaksanaan program prioritas yang pertama di bidang Digitalisasi Birokrasi bagi setiap OPD. Itu sebagai upaya menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel di Asahan,” ucap H.Surya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si, menjelaskan perlunya pengembangan teknologi dan informasi publik di Pemerintah Kabupaten Asahan. Tujuannya untuk percepatan layanan dan memangkas alur birokrasi khususnya di masa pandemi hingga cepat dilayani.

Layanan tersebut,katanya,didefinisikan sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah dan dikorelasikan dengan instruksi Presiden poin kedua mengenai reformasi transformasi digital di sektor strategis. Dijelaskanya juga beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan terkait pengembangan dan integrasi informasi dan komunikasi publik.

“Program Prioritas yang menjadi fokus perhatian diskominfo Kabupaten Asahan di bidang digitalisasi birokrasi, bermacam-macam. Diantaranya, KTP tangguh, perizinan online, bayar pajak/retribusi online, pemasaran UMKM, pendaftaran pasien RS, pendaftaran siswa sekolah, Asahan satu pintu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi publik,” ungkap Rahmat mengakhiri.

Penulis: Arnes Arbain

Berita Terkait