Kepala BP Batam Tinjau Pembongkaran Gudang di Pelabuhan Batuampar

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Batam – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi meninjau kembali pembongkaran gudang di Pelabuhan Batu Ampar pada Senin (24/5/2021).

“Sesuai janji Minggu yang lalu bahwa gudang A harus dibersihkan. Alhamdulillah hari ini hampir selesai. Tinggal 5 persen lagi,” ucap Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Ia berharap hari ini sudah selesai semua, sesuai dengan target dan tidak ada lagi gudang.

Rudi mengatakan, lokasi pembongkaran ini akan digunakan untuk penumpukan kontainer. Nanti semua akan jadi tumpukan barang.

“Intinya pelabuhan ini ingin kita betul-betul bersih, karena untuk menarik investor. Makanya fasilitas harus disempurnakan,” tutur Kepala BP Batam.

Muhammad Rudi menyampaikan, bukan hanya seaway-nya saja tapi untuk crane-nya juga.

“Untuk crane-nya sedang kita siapkan, Agustus 2021 datang dari Pelindo II meskipun tidak baru. Dua crane akan dibawa ke Pelabuhan Batu Ampar,” ujarnya.

Kata dia, yang kita order butuh waktu yang panjang 1,5 tahun. Berarti tahun depan crane BP Batam akan sampai.

“Kalau sistem angkutnya sudah modern, hanya butuh waktu 2 sampai 3 menit barang akan naik. Yang lama butuh 1 jam,” imbuhnya.

Kepala BP Batam menjelaskan, kalau namanya bisnis butuh efisiensi waktu, lebih cepat lebih baik. Pelabuhan ini dari sistem bongkar muat angkut barang akan kita ganti semua. Tapi tidak terlepas dari kemampuan keuangan BP Batam.

“Kita semua sudah sepakat bahwa pelabuhan ini mulai kita benahi. Artinya berapa pun ada dana akan digelontorkan ke pelabuhan. Sehingga pelabuhan ini dalam waktu yang tidak terlalu lama akan menjadi pelabuhan bertaraf internaional seperti pelabuhan negara tetangga,” pungkasnya.

Penulis: Yendri

Berita Terkait