159 Tahanan Polres Tanah Karo Laksanakan Penggeseran Tahanan ke Beberapa Lapas

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, KARO – Untuk mengantisipasi kepadatan para tahanan PolresTanah Karo, laksanakan pegeseran para tahanan ke beberapa LP kelas IIB, Selasa, (14/12/2021) pukul 08.30 Wib.

Kapolres Tanah Karo Akbp Yustinus Setyo,SH,Sik, melalui Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol D.Munthe,SH, pimpin persiapan pegeseran Tahanan, bertempat di lapangan apel Mapolres Tanah Karo.

Para tahanan yang akan digeser sebanyak 159 Orang tahanan antara lain, 50 Orang tahanan yang hukumannya sudah Inkrah akan digeser ke Lapas IIB Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang,51 orang tahanan yang sudah tahap dua digeser ke LP kelas IIB Sidikalang Kabupaten Dairi,dan 58 orang tahanan yang sudah tahap dua ke Lapas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo.

Persiapan pengawalan, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol D. Munthe,S.H. Keberangkatan pengawalan ke Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam Kabupaten Deliserdang, Pada Pukul 10.00 WIB, sebelum digeser para tahanan terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan antigen terhadap 50 tahanan yang akan dikirim dengan hasil kesemuanya negatif Covid-19,dan pada pukul 11.00 WIB, pengawalan tahanan bergerak menuju LP kelas IIB Lubuk Pakam dengan kendaraan dan pengawalan dari
’91’ Satlantas Polres Tanah Karo.

Sementara dalam Bus Polres Tanah Karo sebanyak 28 orang tahanan laki-kaki,dan didalam Truck tahanan Polres Tanah Karo sebanyak 22 orang tahanan laki-laki dan di mobil pribadi yang berisi personil pengamanan dari Polri Satsabhara yang dipimpin oleh Iptu Fajar Sidik dan Ipda J.Tarigan.

Untuk Pergeseran ke Lapas Lubuk Pakam sebanyak 22 Personil Polri terdiri dari SatSamapta, SatReskrim, SatNarkoba dan SiePropam Polres Tanah Karo ditambah personil kejaksaan negeri Kabanjahe Giansa Tarigan dan Personil LP IIB Kabanjahe Viola Purba dan Deni Zebua.

Untuk Keberangkatan Pergeseran dengan pengawalan ke LP Kelas IIB Sidikalang Kabupaten Dairi pada pukul 11.00 Wib.

51 tahanan yang akan dikirim tetap dilaksanaka pemeriksaan antigen dengan rapid test dan hasilnya negatif, pukul 13.00 Wib,pengawalan tahanan bergerak menuju ke LP Kelas IIB Sidikalang Kabupaten Dairi,dengan
Kendaraan pengawalan’
91’dari SatLantas, tahanan yang digeser menaiki Mobil Angkutan Umum Perkotaan Dishub Karo sebanyak 29 Orang tahanan laki-laki dan
Bus Pemda Karo sebanyak 6 Orang tahanan wanita dan 4 Orang tahanan laki-laki dan Mobil Dinas Tahanan Kejaksanaan Karo sebanyak 12 orang tahanan, untuk mobil pribadi membawa Personil pengamanan dari Polres Tanah Karo personil ’93’ Satlantas, pengawalan dipimpin oleh Padal Ipda Edi Erwanto dan Ipda C.Sipahutar.

Dengan kekuatan Personil sebanyak 26 Personil Polri terdiri, dari SatSamapta, SatReskrim, SatNarkoba dan SiePropam Polres Tanah Karo ditambah 2 Personil Kejaksaan Negeri Karo Hendra Gatra Sinaga dan Risman Harefa, dan 2 Personil Rutan Kabanjahe,guna untuk keberangkatan pengawalan ke LP Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo,selanjutnya pada pukul.13.30 WIB.

50 tahanan yang akan dikirim semuanya terlebih dahulu melakukan rapid test antigen, pada pukul 14.30 WIB, pengawalan tahanan bergerak menuju ke LP Kelas IIB Kabanjahe, dengan Kendaraan dan pengawalan menggunakan Mobil Transport LP Kelas IIB Kabanjahe sebanyak 24 tahanan Laki Laki, dengan Truck Dinas Polres Tanah Karo sebanyak 34 tahanan laki-laki dengan pengawalan dipimpin oleh Padal Akp Enda Tarigan dan Ipda Togu Siahaan,dengan kekuatan personil sebanyak 13 personil Polri terdiri dari SatSamapta, SatReskrim, SatNarkoba dan Sie Propam Polres Tanah Karo.

Dalam pelaksanaan Pegeseran para tahan tersebut, Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol D.Munthe menekankan “agar personil yang melaksanakan pengamanan dan pengawalan tetap memperhatikan rombongan,jangan sampai terputus, serta bagi para tahanan yang telah diperiksa antigen, tetap mamatuhi Prokes selama dalam perjalanan maupun setelah sampai ditempat baru, dan bagi personil yang melakukan PamWal dalam mobil bersama para tahanan selalu tetap waspada”tegasnya singkat.

Penulis : Boby Haryanto

Berita Terkait