Anggota DPR RI Hanan A Rozak Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Tulang Bawang

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang-Anggota DPR RI Komisi IV, Hanan A Rozak, melakukan sosialisasi Empat Pilar  MPR RI (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) di Sekretariat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulang Bawang di Menggala, Kamis (02/06/2022).

Di hadapan peserta, yang diikuti oleh Pengurus Cabang NU dan Muslimat NU, Dewan Masjid Indonesia dan Tokoh Adat Megou Pak  Tulang Bawang,  Hanan Rozak, menyampaikan tujuan Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman yang utuh dan menyeluruh tentang Empat Pilar MPR RI kepada seluruh masyarakat.

” Bagaimana kita memahami dan mengamalkan Pancasila, memahami Undang-Undang Dasar 1945, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia  dan merawat ke Bhinekaan. Dimana saat ini ada upaya untuk merusak keutuhan NKRI dan mengganti Ideologi Pancasila dengan ideologi lain, ”  kata Hanan

Hanan Rozak, menyebutkan  peran Empat Pilar sebagai pondasi bagi masyarakat untuk berkehidupan bernegara agar terciptanya kerukunan antara suku, agama dan budaya.

Menurutnya, saat ini ada pelunturan terhadap nilai-nilai Pancasila, yang berdampak pada berkurangnya rasa cinta tanah air, budaya saling menghormati maupun semangat gotong royong.

” Adanya pihak-pihak yang ingin menggangu keutuhan NKRI dan kita mewaspadai adanya gerakan  yang menginginkan merubah  Pancasila  sebagai ideologi dengan ideologi lain,” lanjutnya.

Hanan Rozak menegaskan krusialnya Empat Pilar Kebangsaan ini sebagai bagian terpenting dalam menyelematkan NKRI, mengaitkannya dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan dimasa depan.

“Empat Pilar Kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara ” kata Hanan

Bersama pemateri lainnya dari Pengurus Cabang NU Tulang Bawang,   KH. Rohmat S. Pd, dijelaskan masing-masing pilar MPR RI, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Hanan Rozak  berharap, peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga, mampu pula menjelaskan dan melaksanakan  Empat Pilar MPR  ini sejak dini, dimulai dari  lingkungan keluarga kemudian  lingkungan sekitarnya. (red)

Berita Terkait