Launching Pembukaan Lahan Ketahanan Pangan Kodam II Sriwijaya

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Kotabumi-Launching Pemanfaatan Lahan tidur untuk Ketahanan Pangan diwilayah Teritorial Kodim 0412/Lampung Utara, di hadiri Komandan Distrik Militer (Dandim) 0412/LU Letkol Inf Andi Sultan, S.Pd., M.H. Selasa (19/07/22)

Bertempat di lokasi Ketahanan Pangan tanah milik Kodim 0412/LU, Jalan Raden Intan Gang Usaha, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara.

Acara yang dibuka langsung oleh KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. di Provinsi Jambi tersebut berlangsung secara virtual ( Video Conference ).

Di kesempatan Launching Pemanfaatan Lahan tidur untuk Ketahanan Pangan KSAD menyampaikan, Sesuai dengan. Arahan Presiden RI tentang kebijakan pertanian dalam periode ini adalah mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Pertumbuhan Ekonomi, Kesejahteraan Keluarga Petani dan Memerhatikan keberlanjutan Sumber Daya Pertanian yang kita miliki.

“Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo telah memerintahkan agar TNI membantu menyejahterakan masyarakat dan juga prajuritnya. Salah satunya, terkait pemulihan ekonomi pasca covid-19. Ini berkaitan erat dengan kesejahteraan rakyat, TNI AD membantu menjalankan program pemerintah khususnya di bidang pertanian demi ketahanan pangan.

Budi daya tanaman produktif seperti padi, jagung, dan sebagainya dan kemudian hasilnya diutamakan untuk peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat penggarap dan prajurit.
Dengan demikian taraf hidup dan kehidupan masyarakat sekitar akan terus membaik dan sejahtera.”Papar Jenderal Bintang Empat tersebut

“Saya Menekankan, agar Manfaatkan lahan tidur untuk menunjang ketahanan pangan, Dengan diadakan program ketahanan pangan untuk mencegah kebakaran hutan.

Kemudian Kepada seluruh Pangdam, Danrem, Dandim serta Danramil agar menjadi Bapak Asuh anak Stunting di wilayahnya masing-masing” Tegas Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi mengatakan Berdasarkan koordinasi antara pemerintah pusat, Provinsi dan kabupaten/kota, guna menyelaraskan program yang berkesinambungan pembangunan bidang pertanian, khususnya Ketahanan Pangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk alternatif yang terbaik dari tindakan yang rasional atas pemanfaatan sumber daya, ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang diinginkan oleh Pemerintah Daerah.

Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan bahan acuan kabupaten/kota dalam menyusun rencana program/kegiatan Ketahanan Pangan Tahun 2022” terangnya
“Strategi Menjaga Ketahanan Pangan Nasional dengan Peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian, kemudian Peningkatan ketersediaan pangan strategis nasional serta Peningkatan keterjangkauan dan pemanfaatan pangan” Ungkap Gubernur Jambi.

Tujuan Kegiatan Launching pemanfaatan lahan di wilayah Kodim 0412/LU, dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya di bidang pertanian untuk ketahanan pangan Nasional membudidayakan tanaman produktif yaitu Jagung. yang diikuti oleh seluruh Jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Tampak hadir dalam kegiatan Vicon antara lain Dandim 0412/LU, Letkol Inf Andi Sultan, S.Pd.,MH., Kapolres AKBP Kurniawan Ismail, SH.,S.Ik.,M.Ik, Bupati Lampung Utara diwakili Asisten III Sofyan S.P. MM, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Utara Mukzhan S.H., M.H.,Kakimal diwakili Waka Kimal, Kapten Khusus Badra Balsana., Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Kab. LU, Ir Abdul Wahab M.M, Kadis Ketahanan Pangan Ir Ilham Akbar, S.STP, M.H, Seluruh Perwira Staf Dim 0412/LU., Kapolsek Kotabumi Kota, IPDA Sulyadi, SH, Perwakilan pengurus Persit Chandra Kirana Cabang XXXII Kodim 0412/LU, Ketua Gapoktan Desa Alam jaya Kotabumi Selatan, Alam Jaya, Ketua Gapoktan Desa Jerangkang Kotabumi Selatan,Supriyanto, Perwakilan Anggota kelompok tani Kotabumi Selatan Empat Orang(*)

Berita Terkait