Kasdim Bengkalis Bersama Instansi Terkait Tinjau Lokasi Tanah Longsor dan Banjir

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, BENGKALIS – Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto diwakili Kasdim Mayor Sudiyono bersama anggota meninjau lokasi tanah longsor akibat tingginya hujan turun tepatnya di Desa Simpang Ayam kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis Riau, Senin, 12 Desember 2022.

Adapun yang hadir, Danramil Bengkalis Kapten Cpl Farimus Hendriko BPBD, PUPR Bengkalis Kabig SDA Sugeng Santoso, Menejer Perusahaan PT Miskom Agro Sari Mas.

Kedatangan Orang nomor dua di jajaran Kodim Bengkalis bersama prajurit itu lansung disambut oleh kepala Desa Simpang Ayam Mujiono dan masyarakat.

Kasdim Bengkalis Mayor Sudiyono mengatakan permohonan maaf atas ketidak hadiran nya Dandim, dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, namun ia tetap prihatin dengan kejadian tersebut, sehingga memerintahkan semua prajurit untuk siaga di pos yang sudah disediakan dan segera laporkan apa bila darurat.

“Hal tersebut harus serius kita tangani, karena sudah sangat parah dan harus langkah cepat, apa lagi ini menyangkut perkebunan masyarakat yang mana sehari-hari warga mencari makan dengan memotong getah dan lain-lainnya,” ungkap Kasdim.

Kasdim juga menyampaikan, bukan hanya peninjauan abrasi yang memakan ribuan hektar masyarakat lahan masyarakat sahaja, namun bencana lain seperti banjir yang cukup parah juga diperhatikan.

“Kita bersama pemerintah daerah kabupaten Bengkalis lansung meninjau lokasi perkebunan masyarakat yang terdampak abrasi dan banjir di Desa Simpang Ayam serta langkah apa yang harus kita ambil agar lekas di tangani dengan serius, salah satunya dengan pembuatan pemecah gelombang. Hal ini juga sama dengan Desa Muntai yang persis sama kejadiannya,” ungkap Kasdim Bengkalis.

Selain itu dikatakan BPBD Bengkalis diwakili Kabig Kedaruratan Suratman, bahwa dengan keadaan begini akan tetap menjadi perhatian pemerintah daerah dan akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Riau dan pusat.

“Kita akan melaksanakan upaya pengusulan sesuai dengan jenjang kewenangannya untuk diusulkan ke pemerintah Provinsi dan Pusat terkait dengan longsor ini,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa langkah apa yang harus dilakukan dengan pihak perusahaan PT Miskom Agro Sari Mas, terkait kejadian abrasi yang menelan ribuan hektar.

“Nanti kita akan panggil pihak perusahaan dan duduk bersama untuk menyelesaikan permasalahan dengan kondisi saat ini,” tuturnya.

Terakhir Kasdim Bengkalis memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir.(Dil)

Berita Terkait