PMI Tuba Gelar Kegiatan Donor Darah Goes To School di SMAN 1 Rawajitu Selatan

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang- Palang Merah Indonesia (PMI) Tulang Bawang memberikan informasi terkini tentang kabar gembira kegiatan PMI Tuba, kabar gembira itu adalah acara Donor Darah Goes To School, yang hadir kini di SMAN 1 Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang. Kabar gembira itu didapat dari seutas pesan WhatsApp dari Pusat dan Informasi (Pusdatin) PMI Tuba.

“Kabar gembira, bagi warga Rawajitu Selatan dan sekitarnya kami UDD PMI Kabupaten Tuba hadir kembali di SMAN 1 Rawajitu Selatan, Kuy ah ramaikan, datang dan donorkan darahmu, jadilah pahlawan kemanusiaan,” demikian seutas pesan WhatApp dari Pusdatin Tuba.

Terkait informasi tentang kegiatan Donor Darah Goes To School yang berisi jargon Kita Sehat Mereka Selamat akan digelar besok pada hari Selasa pagi (31/01/2023), yang akan digelar tepatnya di SMAN 1 Rawajitu Selatan.

Pusat dan Informasi (Pusdatin) Palang Merah Indonesia (PMI) Tuba, Deni Ahmad Saifulloh menuturkan kegiatan PMI Tuba akan selalu memberikan yang terbaik untuk Sai Bumi Nenggah Nyappur, adapun tujuan acara adalah melatih kader-kader donor darah sejak dini mengingat untuk kebutuhan permintaan darah di Kabupaten Tulang Bawang sudah banyak.

“Kita programkan Donor Darah Goes To School ke SMAN 1 Rawajitu Selatan, Untuk sasaran bukan hanya Siswa -Siswi sekolah tapi juga masyarakat umum,” Ujar Deni kepada Jalurnews.com, pada Senin (30/01/2023).

Deni menjelaskan secara rinci syarat dan ketentuan pada giat Donor Darah antara lain meliputi:

  1. Laki-laki atau perempuan berusia 17-60 tahun
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Berat badan minimal 45 Kg.
  4. Kadar hemoglobin minimal 12,59/dl
  5. Tidak menderita penyakit berisiko tinggi seperti HIV/AIDS, Hepatitis, Sepilis, Jantung, Hati, Paru-Paru, Ginjal, Kanker dan lain-lainnya.
  6. Bagi wanita yang sedang haid, hamil atau menyusui tidak diperkenankan mendonorkan darahnya.
  7. Tidak mengonsumsi obat anti biotik minimal selama 3 jam sebelum donor darah.

Selain itu, Ia memaparkan manfaat dari Donor Darah antara lain:

  1. Mencegah pemburukan gangguan kesehatan.
  2. Membantu membakar kalori.
  3. Menjaga kesehatan jantung.
  4. Meningkatkan produksi darah.
  5. Menurunkan resiko kanker.
  6. Menurunkan resiko kolesterol.
  7. Memperpanjang hidup orang lain.
  8. Membantu hidup orang lain.
  9. Membantu menurunkan berat badan.

Deni mengatakan dalam acara besok untuk sementara pihaknya akan mengerahkan lima personel dari Petugas acara donor darah.

“Kegiatan Besok, kita akan mengerahkan untuk sementara lima personel yaitu, Maya anggeraini, Fernando Saputra Amd.kep, kemudian M. Farel Fahrizi Amd.kep
Kemudian Ns. Sanina Hasan S. Kep Serta Nina aryeni S.Km
Ini yang bertugas besok,” Ungkap deni.

Lanjut kata dia, Darah tidak mengenal kasta, agama, suku, ataupun ras.

“Kita semua dipersatukan oleh satu warna darah yang sama.
Donorkan darah anda sekarang juga, setidaknya sekali dalam seumur hidup, karena kita tidak tahu siapa yang sedang menunggunya.
Setetes darahmu adalah bukti cinta terhadap sesama. Karena donor darah bisa menyelamatkan nyawa yang paling berharga,” Pungkasnya.

Penulis : Erdiansyah, SP

Berita Terkait