Kampung UGI Salurkan BLT Kepada Masyarakat Penerima Keluarga Manfaat

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang-Pemerintahan Kampung Ujung Gunung Ilir (UGI) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Kepada Masyarakat Penerima Keluarga Manfaat Periode Bulan Januari sampai Maret Tahun 2023.

Penyaluran tersebut berlangsung di Balai Desa Kampung Ujung Gunung Ilir, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang, Selasa (14/3/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Menggala diwakili Sekcam,Pendamping Desa, BPK Kampung UGI, Babinsa serta masyarakat setempat.

“Hari ini kami pemerintahan kampung UGI menyalurkan BLT DD kepada masyarakat yang kurang mampu sebanyak 35 orang KPM,” ujar Kakam Arjuna Putra.

Dengan melalui tahapan untuk 35 orang penerima BLT DD tahun 2023 Pemerintah kampung UGI telah melalui prosedur sesuai dengan regulasinya. Pemerintah kampung UGI membuatkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Tim seleksi untuk penerima BLT DD tersebut.

Tim ini terdiri dari Tokoh masyarakat, Pendamping Desa,Babinsa dan Kantibmas, serta unsur Pemerintah kampung UGI.

” Dengan dibentuknya tim seleksi untuk penerima BLT tersebut,maka mereka melakukan tugas dan fungsinya turun kelapangan untuk mendapatkan data. Setelah itu maka dibuatkanlah suatu keputusan dengan melalui musyawarah desa dengan acuan aturan yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat melalui Kemendes dan Kemenkeu, “kata Arjuna Putra.

Lanjut, Setelah itu Pemerintah Kampung menerbitkan serta memberikan Surat Keputusan (SK) untuk nama nama KPM yang telah di sepakati dalam musyawarah desa.

“Jadi melalui mekanisme yang cukup panjang untuk menyalurkan kepada KPM yang benar-benar membutuhkan dan tepat sasaran,” katanya.

Ia menambahkan dana yang diambil untuk penyaluran penerima BLT-DD dari dana desa adalah 10,78%.

“Dana yang kami salurkan untuk penerima BLT-DD dari dana desa adalah 10,78%.,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan dalam penyaluran BLT DD terhitung dari Januari sampai Maret per KPM menerima sebesar Rp 900.000.

“Ya karena terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret satu orang yang menerima BLT DD sebesar Rp.900.000 ,”jelasnya.

Lanjut,Arjuna Putra juga mengatakan Pemerintahan Kampung UGI selain Penyalurannya di balai desa ia juga akan menyalurkan langsung kerumah KPM yang tidak bisa hadir.

“Ada beberapa KPM yang tidak bisa hadir untuk mengambil BLT DD karena keadaan mereka. Tetapi kami sebagai pemerintahan kampung ugi berinisiatif jemput bola dan langsung membagikan kerumah mereka masing-masing,”tambah Kakam Arjuna Putra.

Arjuna Putra berpesan,agar dana tersebut di belanjakan untuk kebutuhan pokok seperti beras ataupun minyak goreng.bahkan bisa dimanfaatkan untuk berobat dengan cara membuatkan BPJS.

“Alhamdulillah hari ini Bantuan tersebut sudah tersalurkan. Semoga bantuan tersebut dipergunakan untuk kebutuhan pokok seperti beras ataupun minyak goreng,” tutupnya. (Erdi)

Berita Terkait