Dishub Tuba Mendukung Optimalisasi Arus Mudik Dan Balik Dengan Perbaikan Lampu dan Perbaikan Jalan Berlubang.

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang- Jelang momentum hari Raya Idul Fitri 2023 pekan depan, Dinas Perhubungan Kabupaten Tulang Bawang mendukung optimalisasi arus mudik dan balik yaitu melakukan perbaikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan perbaikan jalan yang berlubang.

“Kegiatan ini untuk Meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemudik hari Raya Idul Fitri 2023 ini,” Ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulang Bawang, R. Penliyusli, PNR., SE.MH, Selasa (18/04/2023).

Penliyusli mengatakan perbaikan lampu PJU ini dilakukan adalah suatu upaya untuk mengurangi lokasi yang mengalami black spot atau kondisi jalan gelap.

“Iya, karena mau menghadapi lebaran tinggal beberapa hari lagi, kami dishub Tulang Bawang dari dua hari yang lalu mulai pemasangan lampu jalan, kita mulai dari Terminal menuju Aspol dan arah ke Pemda seterusnya ke arah rumah dinas dulu,” ucap Penliyusli.

Dirinya menyebutkan telah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Tulang Bawang untuk mendukung pelaksanaan operasi ketupat Krakatau tahun 2023.

“Iya, kalau untuk pemudik lebaran kita dishub Tulang Bawang sudah koordinasi dengan Kasatlantas Polres Tuba mengenai posko meliputi di depan mall pelayanan publik kecamatan Menggala, perempatan simpang Bawang Latak, di pasar Unit 2, dan di rest area KM 208 Jalan tol trans Sumatera,” tuturnya.

“Personil kita sudah kita bagi, setiap posko 2 orang, mudah-mudahan lancar, aman, kondusif, pihak terkait juga seperti dinas kesehatan, Pol PP, sudah siap semuanya juga”, lanjutnya.

Selain itu, Ia menyebutkan bahwa dishub Tulang Bawang juga memperbaiki jalan berlubang yang akses jalan arah ke jalan tol guna memberikan kenyamanan dan keamanan selama gelombang arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 2023.

“Kita juga melakukan perbaikan jalan arah tol, kita sama-sama PT.MBI sudah menambal lubang-lubang dijalan, agar pemudik bisa merasa aman dan nyaman,” pungkasnya.

Sementara, secara terpisah Kasi Angkutan Keselamatan dan Transportasi Darat, Baiti, SE., MM menyebutkan dishub melakukan perbaikan lampu PJU di sejumlah titik untuk menambah kelancaran akses jalur mudik hari raya Idul Fitri 2023.

Baiti mengungkapkan pengerjaan perbaikan lampu PJU saat ini tengah menjadi tugas dari Dishub Tulang Bawang sendiri, karena sebelumnya yang memegang kewenangan itu adalah Dinas Lingkungan Hidup.

“Terkait masalah PJU yang sebelumnya ada di Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) dan sekarang dilimpahkan ke Dishub, maka kami sekarang lagi menghidupkan lampu yang mati di Kota Menggala,” Ujar Baiti.

Kendati demikian, Baiti menyebutkan akan melanjutkan kembali pemasangan lampu PJU setelah hari Raya Idul Fitri 2023 bilamana belum rampung.

“Untuk sekarang masih dihidupkan dari Terminal sampai Aspol, rencananya terkait masalah waktu dan tenaga teknisinya nanti setelah lebaran akan lanjut kembali pemasangan lampu PJU nya,” Imbuhnya.

Penulis : Erdiansyah SP

Berita Terkait