Kantor Imigrasi ll B Karimun Perkuat Pengawasan Keimigrasian dan Operasi Gabungan Tim Pora

Editor: Redaksi

Jalurnews, Karimun – Tim Pora yang diprakasai oleh Imigrasi Karimun melaksanakan rapat koordinasi dan operasi gabungan Tim Pora di Telunas Beach Resort yang berada di Pulau Sugie Kabupaten Karimun.

Unsur Tim Pora yang hadir adalah dari Kejaksaan Negeri Karimun, Polres Karimun, KODIM 0317 Tanjung Balai Karimun, Lanal Karimun, Bea Cukai Karimun, BIN, Kesbangpol Karimun, BNN dan Disnaker Kabupaten Karimun, turut hadir langsung dalam kegiatan kali ini Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun Bapak Firdaus, S.H., M.H., M.M., M.Ikom, Rabu (17/05/2023).

Rapat koordinasi dan operasi gabungan ini sebagai bentuk nyata dari penguatan pengawasan dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM Kantor Imigrasi Karimun.

Rapat Koordinasi dimulai dengan Laporan Ketua Pelaksana oleh Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun Fajri Dirgantara yang menyampaikan Laporan terselenggaranya kegiatan Rapat Koordinasi dan Operasi Gabungan Tim Pora.

Sambutan sekaligus pembuka kegiatan oleh Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun, Zulmanur Arif menyampaikan pembahasan yang akan dilakukan pada Rapat Koordinasi Tim Pora kali ini dengan mengangkat isu-isu hangat yang dilakukan oleh Orang Asing saat ini yaitu kegiatan Virtual Office yang diketahui telah terjadi di DKI Jakarta, dan bagaimana antisipasi kedepannya yang harus dilakukan terhadap kegiatan Virtual Office yang dilakukan oleh Orang Asing jika terjadi di Kabupaten Karimun.

“Karena itu kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pora ini bertujuan untuk
melakukan penguatan pengawasan di setiap unsur Instansi terkait yang termasuk dalam keanggotaan Tim Pora terhadap kegiatan dan keberadaan Orang Asing khusunya di Kabupaten Karimun” ucapnya

“Target Operasi Gabungan Tim Pora kali ini adalah Warga Negara Asing yang melanggar peraturan Keimigrasian ataupun peraturan terkait lainnya di Wilayah Kabupaten Karimun terutama tempat yang menjadi Target Operasi kali ini yakni di Telunas Beach Resort” ungkapnya

Waktu yang sama, Kajari Karimun Bapak Firdaus yang menyampaikan bahwa kegiatan seperti yang dilakukan oleh Tim Pora ini sangat baik mengingat tugas dan fungsi Tim Pora dalam mengawasi Keberadaan dan Kegiatan Orang Asing yang berada di Kabupaten Karimun.

Kajari juga berharap agar kegiatan/event seperti Tim Pora ini rutin dilakukan, dan setelah pembukaan dilaksanakan kemudian peserta rapat melakukan diskusi terkait hal yang disampaikan oleh Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Balai Karimun dalam sambutan sebelumnya.

Setelah dilakukannya Rapat Koordinasi kemudian seluruh anggota Tim Pora melaksanakan Operasi Gabungan, kali ini operasi dilaksanakan pada Telunas Beach Resort untuk melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan Tenaga Kerja Asing yang bekerja di tempat wisata tersebut yang berada di Pulau Sugie Kabupaten Karimun.

Adapun saat operasi dilakukan, Petugas memeriksa 2 (dua) Orang TKA berkewarganegaraan Amerika yang sedang bekerja sebagai Tour Manager di Telunas Beach Resort, semua dokumen yang dimiliki oleh kedua TKA tersebut lengkap dan masih berlaku.

Tempat wisata Telunas Beach Resort sedang dikunjungi oleh Wisatawan Asing berjumlah sekitar 70 (tujuh puluh) orang dari 2 (dua) sekolah yang berbeda yakni dari Holland School Of Singapore dan Internasional School Of Hongkong yang sedang berlibur di Tempat Wisata tersebut.

Operasi Gabungan yang dilakukan didapati fakta dilapangan dengan hasil tidak ditemukan adanya kegiatan WNA yang menyalahi/melanggar Peraturan Keimigrasian ataupun Peraturan lainnya yang terkait.

“Bahwa dari tidak ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Orang Asing merupakan sebuah indikator tolak ukur keberhasilan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pora Kabupaten Karimun, dan ia mengharapkan supaya kedepannya sinergitas antara anggota Tim Pora terus berjalan dengan baik agar terciptanya situasi dan Kondisi yang aman serta kondusif di Kabupaten Karimun” tutup Zulmanur. (YN)

Berita Terkait