Tingkatkan Kualitas Wartawan, SIWO PWI Kepri Bersama KONI Kepri Gelar Pelatihan Liputan Olahraga

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Batam – SIWO PWI Kepri besama dengan KONI Kepri menggelar pelatihan Liputan pada even Pekan Olahraga Nasional, di Gedung Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Sabtu (19/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Candra Ibrahim, Ketua PWI Kepri menuturkan pengalamannya saat mengawali karir sebagai wartawan muda di bidang olahraga.

“Banyak sekali pengalaman serta kesan yang saya dapatkan saat meliput kegiatan olahraga di lapangan, mulai dari meliput olahraga voli ibu-ibu hingga saya membuat reportase berita olahraga,” ujar Candra.

Menurutnya, wartawan haruslah memihak kepada atlit dalam sebuah pemberitaan, karena sulit menoreh prestasi bagus jika sarana dan prasarananya masih minim.

“Kita harus siapkan trik dalam meliput, karena tidak semua wartawan bisa membuat berita olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Endang, salah satu wartawan yang juga acap kali meliput kegiatan olahraga juga berbagi pengalaman saat meliput.

“Yang paling penting saat meliput olahraga kita harus paham istilah-istilah di bidang olahraga, pintar membaca situasi dan tidak lupa kita harus tetap menjaga kekompakan bersama rekan jika meliput ke luar kota,” ungkapnya.

Selain itu, Sekretaris Umum Koni Kepri, Abdul Razak, menyebut bahwa Media dan Olahraga saling membutuhkan.

“Publikasi yang diberitakan oleh media itu sangat berpengaruh kepada atlet, karena hal tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri bagi atlet tersebut, di Kepri sendiri,” jelasnya.

Untuk di Kepri, Abdul Razak memaparkan ada 56 cabang olahraga (cabor), dari 56 cabor tersebut ada 15 cabor yang lolos PON 2021.

Penulis : Noni

Berita Terkait