Pencapaian Kinerja Polres Karimun Sepanjang Tahun 2020

Editor: Nike
Pencapaian Kinerja Akhir Tahun 2020 Polres Karimun

JALURNEWS.COM,Karimun – Kapolres Karimun, AKBP M Ademan, S.IK. didampingi sejumlah pejabat utama Polres karimun menggelar konferensi pers terkait capaian kinerja selama Tahun 2020, Rabu (30/12/2020) di Mapolres Karimun.

Kapolres Karimun menyampaikan, secara keseluruhan Polres Karimun berhasil menekan angka tindak kejahatan hingga 24 persen di tahun 2020 ini, turun dari tahun sebelumnya.

Tahun 2019 jumlah kasus yang ditangani sebanyak 252 kasus, sedangkan di tahun 2020 sebanyak 192 kasus. Terjadi penurunan kejahatan tindak pidana di wilayah hukum Polres Karimun selama tahun 2020,” ungkap AKBP M. Adenan, S.IK.

Dalam  penanganan kasus narkotika, lanjut Kapolres Karimun, mengalami kenaikan secara kuantitatif selama Tahun 2020. Sebanyak 48 kasus. Untuk barang bukti yang berhasil diamankan terkait tindak pidana narkotika antara lain, ganja seberat 478,65 gram, sabu 8.640,26 gram, pil ekstasi 29,5 butir, happy five 356 butir dan key 411,6 gram.

M. Adenan juga menyampaikan, selama tahun 2020, Polres Karimun melalui operasi terpusat melaksanakan beberapa operasi diantaranya, Operasi Simpatik, Operasi Patuh, Operasi Ketupat, Operasi Zebra, Operasi Aman Nusa II, Operasi Bina Kesuma, Operasi Binawaspada, Operasi Mantap Praja, Operasi Pekat dan Operasi Lilin serta berhasil juga mengamankan Pilkada Serentak 2020 tanpa ada penambahan jumlah positif Covid-19.

“Kita terus melakukan upaya penekanan dan pencegahan terjadi lonjakan penyebaran Covid-19 serta gangguan kamtibmas,” imbuh AKBP Adenan.

Selama Tahun 2020, Polres Karimun berhasil mengungkap kasus besar yang cukup menjadi perhatian publik diantaranya, penyelesaian kasus perjalanan dinas fiktif di Sekretariat DPRD dengan kerugian negara setelah hasil perhitungan BPK RI sebesar 1.680.311.643,00.

“Kita berharap Kabupaten Karimun tetap aman dan kondusif. Bhayangkara harus melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, diharapkan mampu memberikan pelayanan kamtibmas kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun,” ujar M. Adenan.

Pada kesempatan itu, Kapolres Karimun juga menyampaikan beberapa program unggulan melalui kegiatan Program Aplikasi Android POKA (Polisi Karimun), Pemasangan 21 unit CCTV Online 360 Derajat yang tersebar di Kabupaten Karimun, GPS Patroli Polres Karimun dan jajaran yang terintegrasi dalam komando Ruang Command Center Polres Karimun.

“Program kegiatan tersebut mendukung satuan fungsi dan jajaran dalam membangun inovasi dan program andalan guna menjaga kamtibmas yang tetap kondusif diantaranya program. Dan Alhamdulillah, semua program yang kita canangkan telah sukses kita laksanakan,” terang Kapolres karimun ini.

Polres Karimun juga telah menerima beberapa penghargaan diantaranya, piagam penghargaan Kak Seto Award kategori Polisi Sahabat Anak dari Kak Seto, Piagam Penghargaan dari ASKALSI atas kinerja Polres Karimun dalam kasus perkara putusnya kabel bawah laut sistem komunikasi dan Piagam Penghargaan untuk Polres Karimun sebagai instansi yang mendukung dan berperan aktif dalam pemberantasan narkoba dari BNN serta Trophy Penghargaan Police Award 2020 terkait pengungkapan kasus narkoba di daerah perbatasan.

Dalam penyampaian terakhirnya, M Adenan mengimbau seluruh masyarakat Karimun agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19 di masa liburan tahun baru ini.

Penulis : Sajirun S

Berita Terkait