Ketua DPD Berpesan Pers Jadi Akselator Perubahan

Editor: Nike

JALURNEWS.COM, Jakarta – Di peringatan Hari Pers Nasional, sekaligus HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berpesan agar insan pers menjadi akselator perubahan.

“Pers harus terus tampil dan mengawal perubahan Indonesia menuju yang lebih baik lagi. Teruslah menjadi menjadi insan yang independen dan terus menyampaikan aspirasi masyarakat lewat kritik yang membangun,” ujarnya di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

LaNyalla pun menegaskan, pers mempunyai peranan penting di sebuah negara. “Di negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi kekuatan atau pilar keempat.  setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Artinya kekuatan pers turut diperhitungkan. Dan itulah pentingnya kita memiliki insan-insan pers berkualitas,” ungkapnya.

LaNyalla yang juga anggota Dewan Penasehat PWI Jawa Timur itu berharap pers harus menjadi penyeimbang.

“Jalankan fungsi pers dengan baik, sebagai wadah untuk memberikan edukasi atau pembelajaran kepada masyarakat. Prinsip cover both side pun harus dipegang teguh, agar pemberitaan bisa selalu berimbang, tanpa harus menghakimi,” serunya.

TaK hanya itu LaNyalla juga berharap pers terdepan menghadapi hoax. “Sebagaimana kita ketahui, hoax kian menjamur seiring dengan berkembangnya media sosial. Masyarakat harus mendapatkan informasi akurat, dan pers memikul peran tersebut,” tambahnya.

Penulis: Riza Surbakti.

Berita Terkait