Masyarakat Sebagai Garda Terdepan Menjaga Kantibmas, Jangan Main Hakim Sendiri

Editor: Nike
Masyarakat sebagai garda terdepan dalam menjaga kantibmas

JALURNEWS.COM, Mesuji, Lampung – Warga masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah nya masing-masing sehingga harus kompak dan tidak main hakim sendiri ketika mendapati tindak kejahatan.

Hal tersebut diungkapkan Sertu Rafinel, Anggota Koramil 426-03 Rawajitu, Kodim 0426 Tulang Bawang, dan bertugas sebagai Babinsa Desa Way Puji, Kecamatan Rawajitu Utara, Mesuji dalam melakukan kegiatannya bersama masyarakat bangun pos ronda, Jumat 12 Februari 2021.

Rafinel mengatakan salah satu tugasnya di desa adalah mendampingi masyarakat dalam menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungan desa terutama di wilayah kerjanya untuk itu didesa dibutuhkan pos ronda sebagai sarana untuk menunjang kegiatan ronda.

“Pos ronda harus ada, minimal di setiap masing-masing RK, karena sangat penting untuk menunjang kegiatan ronda malam agar keamanan desa terus terjaga,” jelasnya.

Ditambahkan Rafinel mengakui jika pihaknya bersama Babinkamtibmas tidak selalu ada disetiap waktu berada di desa untuk itu masyarakat harus kompak dalam menjaga kantibmas.

“Masyarakat merupakan garda terdepan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat itu sendiri. Kompak dan tidak main hakim sendiri jika ada aksi kejahatan,” imbuhnya.

Penulis: 2R

Berita Terkait