Festival Nasyid Tingkatkan Minat Generasi Muda Lestarikan Budaya Islam

Editor: Nike
Plh Bupati Asahan, Jhon Hardi memberikan arahan dan bimbingan dalam pembukaan festival nasyid tingkat Kabupaten

JALURNEWS.COM, Asahan – Dalam festival nasyid ada tujuan utama yang lebih penting untuk dicapai. Peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian islam yang sangat utama.

“Sebenarnya yang lebih penting kita capai meningkatkan minat generasi muda melestarikan budaya dan kesenian islam itu sendiri,”ujar Plh Bupati Asahan,Jhon Hardi Nasution,Rabu(24/02-2021) dalam acara pembukaan Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan.

Acara festival nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2021 itu digelar di gedung Tahfiz Mesjid Agung Kisaran. Festival seni Nasyid tersebut merupakan program Pemerintah secara Nasional dan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi.

Menurut Plh Bupati Asahan tersebut, festival nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Ada tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan pelaksanaan festival nasyid tersebut.

Meningkatkan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam. Selain itu,juga meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid upaya membangun mental spritual masyarakat.

Dalam festival nasyid tersebut, Jhon Hardi,secara penuh melimpahkan tugas dan tanggungjawab penilaian kepada Dewan Juri. “Saya yakin dewan juri telah memiliki pengetahuan yang mapan di bidangnya. Untuk itu tidak akan intervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian,” tegas Jhon.

Forkopimda Asahan tampak serius mendengarkan laporan panitia pembukaan festival nasyid Kabupaten Asahan
Forkopimda Asahan tampak serius mendengarkan laporan panitia pembukaan festival nasyid Kabupaten Asahan

Dikatakannya, pada hakekatnya penilaian yang dilakukan Dewan Juri menilai penampilan 1 grup nasyid. Namun prinsipnya kemampuan para personel itu yang dinilai.

Jika semua personel itu baik, maka baiklah satu group nasyid tersebut. Oleh karena itu, tidak mutlak group nasyid terbaik menjadi duta Kabupaten Asahan ke Provinsi.

Karena,nantinya akan dilakukan pemusatan latihan (TC) untuk mendapatkan group yang lebih baik. “Nantinya akan dilakukan TC lagi mencari yang terbaik,”ujarnya.

Kepada seluruh peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan diucapkan selamat mengikuti festival nasyid.  Diharapkan dapat tampil dengan bakat dan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Sementara, pembukaan festival nasyid tingkat Kabupaten itu dihadiri Plh Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, dan Dandim 0208/Asahan. Tampak juga, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Danyon 126/KC, dan Kajari Asahan.

Selain itu, Kakan kKemenag Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan dan Ketua Imtaq Kabupaten Asahan.Secara serentak semua Forkopimda Asahan itu memukul Reban menandakan Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021 telah resmi dibuka.

Secara terpisah,Sekretaris Panitia,Ali Mughofar mengatakan kegiatan itu sesuai dengan Keputusan Bupati Asahan Nomor : 22-BAG-KESRA-TAHUN 2021 tanggal 10 Februari 2021. Yaitu, tentang pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Pelaksanaan Festival Seni Nasyid tersebut dilaksanakan sejak tanggal 24-27 Februari 2021. Diikuti oleh 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dengan jumlah peserta sebanyak 48 group.

Peserta yang ikut terdiri dari 23 group Putra dan 25 group putri. Sedangkan, dua Kecamatan yang ada tidak mengirimkan group nasyid putra,diantaranya Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

Penulis: Arnes Arbain

Berita Terkait