Muskablub Arpin Siregar Terpilih Sebagai Ketua Umum IPSI Tanjabbar

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Tanjab Barat – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengelar Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Muskablub) di Kantor KONI Tanjabbar, Sabtu (5/3/21)

Dalam Muskablub tersebut, Arpin Siregar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum IPSI Kabupaten Tanjabbar Periode 2021-2025.

Muskablub diikuti utusan dari 13 padepokan pencak silat se-Kabupaten Tanjabbar. Dihadiri Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi IPSI Provinsi Jambi yang juga Plt Ketua IPSI Kabupaten Tanjabbar H.Baharuddin bersama pengurus lain, Ketua KONI Tanjabbar Syafruddin.

Dalam sidang pemilihan ketua umum yang dipimpin Bahruddin hanya ada satu calon tunggal yakni Arpin Siregar. Dengan demikian, Arpin Siregar terpilih secara aklamasi untuk memimpin IPSI Kabupaten Tanjabbar periode 2021-2025

Saat penjaringan dukungan sebelum Muskablub, sebanyak 8 perguruan pencak silat memberikan mandat kepada Arpin Siregar. Namun, saat pelaksanaan Muskablub, seluruh 13 padepokan kompak memberikan dukungan untuk Arpin Siregar.

“Semua mendukung. Hanya saat penjaringan, 8 yang memberi mandat. Tapi kenyataan pada saat Muskablub ini semua mendukung,” kata Bahruddin seusai Muskablub.

Digelarnya Muskablub ini, kata Bahruddin, karena beberapa waktu lalu Ketua Umum IPSI Kabupaten Tanjabbar diberikan Mosi Tak percaya oleh mayoritas perguruan. Kekosongan kepemimpinan juga menyebabkan pecahnya kepengurusan dan berdampak pada minimnya prestasi.

Menurutnya, pekerjaan rumah terbesar bagi kepengurusan IPSI Tanjabbar periode 2021-2025 adalah menyolidkan pengurus dan meningkatkan prestasi.

Sementara itu, Arpin Siregar menyatakan siap mengemban amanah memimpin IPSI Kabupaten Tanjabbar. Langkah terdekat yang akan dilakukan yakni menjalankan amanah Muskablub untuk membentuk kepengurusan. Selanjutnya melakukan konsolidasi dengan seluruh perguruan yang ada di Tanjabbar.

Lanjut,anggota DPRD Tanjabbar ini, untuk menjaga soliditas kepengurusan dan organisasi, pihaknya akan mengakomodir semua perguruan untuk bersama-sama melakukan pembenahan. Sedangkan untuk meningkatkan prestasi atlet silat Tanjabbar, akan dilakukan dengan meningkatkan intensitas latihan dan kompetisi.

“Untuk menjaga soliditas, kita akan mengakomodir semua perguruan untuk bareng-bareng melakukan pembenahan. Yang sudah baik ditingkatkan, yang kurang baik dibenahi supaya baik,” kata Arpin yang juga politisi PAN ini.

Selain itu, Arpin mengaku siap memperjuangkan berdirinya Padepokan IPSI Kabupaten yang sejak bertahun-tahun tak memiliki padepokan.

” Yang utama, Insyaallah akan kita perjuangkan untuk berdirinya Padepokan Pencak Silat di Tanjabbar, sebab selama ini prestasi kita baik, emas selalu kita dapat, tetapi kita tak punya rumah sendiri,”janjinya.

Penulis: Misdi

Berita Terkait