Tingkatkan PAD, Diskoperindag dan UMKM Mesuji akan Mengoptimalkan Pasar dan Kaji Ulang Perda

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Mesuji Lampung – Tahun anggaran 2021 Dinas Tingkatkan PAD, Diskoperindag & UMKM Mesuji akan mengoptimalkan pasar dan kaji ulang Perda dan UMKM Mesuji akan berupaya mengoptimalkan operasional pasar serta akan mengajukan pengkajian ulang tentang Perda sewa los pasar demi meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Diungkapkan kepala dinas koperindag dan UMKM Mesuji Elvinta Krisnawati SE MM diruang kerjanya Senin(8/3/2021) untuk tahun 2021 pihaknya akan memfokuskan tentang pengoprasian pasar yang telah ada guna meningkatkan hasil pendapatan daerah.

Namun untuk saat ini masih terkendala dengan Perda yang mengatur tentang sewa pasar mengingat pasar-pasar di Mesuji masih banyak yang hanya rame di hari-hari tertentu dan sedikit memberatkan karena jumlah sewa yang harus dikeluarkan dihitung pertahun sementara mereka hanya buka satu Minggu sekali bahkan dua kali dalam seminggu.

“Untuk tingkatkan PAD tahun 2021 akan mengoptimalkan pasar yang ada sekaligus mengkaji ulang Perda tentang sewa pasar agar tidak membebani pedagang yang menempati los pasar karena berdagang pada hari-hari tertentu,jelas Elvinta.

Untuk saat ini lanjutnya, hanya ada berapa pasar yang sudah ditarik sewa karena kondisinya memang sudah memungkinkan sementara pasar yang lain belum bisa maksimal tentang sewa,masih hanya sebatas retribusi pasar dak kebersihan.

Dalam waktu dekat pihaknya akan mengkoordinasikan dengan dinas terkait dengan pasar seperti dinas perhubungan masalah parkir dan dinas lingkungan hidup terkait sampah untuk mensosialisasikan pengoperasian pasar yang ada didesa, yang tentunya desa sudah memastikan pedagang yang akan menempati sudah ada.

Dijelaskannya lagi,jika semua terwujud sesuai harapan dengan optimalnya pengoperasian pasar-pasar yang ada sudah barang tentu pendapatan asli daerah(PAD) dapat lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Penulis : Recky R

Berita Terkait