Kunjungan Kerja Pangdam I/Bukit Barisan ke Mako Yunif 125 Simbisa dan Polres Tanah Karo

Editor: Nike
Kapolres dan Pangdam I/BB Di Mapolres Tanah Karo

JALURNEWS.COM, Karo – Kunjungan kerja Panglima Komando Daerah Militer I/BB Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M ke tanah karo turut didampingi Ketua Persit PD I/ BB Ny Dwei Anne Dessy Hasanudin.

Tiba di karo Pangdam beserta rombongan menyempatkan ber sepeda santai berangkat dari Taman Simalem Resort Desa Kodon – Kodon Kec.Merek Kab. Karo menuju Mako Yonif 125 Simbisa Kabanjahe.

Adapun Route yang dilalui Pangdam 1/BB yaitu start dari Taman Simalem resort – simpang merek – Desa Garingging – SPBU Desa Dokan – Simpang ergaji – Desa Sukamandi – Desa aji nembah – Desa Salit – Desa bunuraya – Laudah – Jln. Lingkar dan Finish di Mako Yonif 125 simbisa.

Tiba di Mako Yonif 125 simbisa Kabanjahe disambut oleh Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.Sos, Danyonif 125 / Simbisa Kabanjahe Letkol Inf Anjuanda Pardosi dan perwakilan Pemkab Karo. Kamis (25/03/2021) sekira pukul 09:00 WIB.

Pukul 09:30 WIB, Wakapolda Sumut Brigjen Pol. DR. H. Dadang Hartanto, SH, S.I.K, M.Si beserta rombongan yang terdiri dari Kabidkum Polda Sumut Kombes Pol Andry Setiawan SIK, MH, Wadansat Brimobdasu AKBP James P Hutagaol S.IK, Kasubdit Prov Polda Sumut AKBP Budiman Butar Butar SH, M.H didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus setho Indriono SH, SIK tiba di Mako Yonif 125 simbisa Kabanjahe dan bergabung dengan Rombongan Pangdam I / BB.

Adapun rangkaian kegiatan kunjungan kerja ke yonif 125 simbisa sebagai berikut:

Laporan Danyonif 125 / Simbisa dilanjutkan dengan Pengalungan bunga dan jajar hormat serta tarian daerah penyambutan, upacara penyambutan Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan Batalyon Infanteri 125/SMB T.A 2020-2021 dengan Irup Pangdam I / BB dan Pengarahan Pangdam I / BB kepada Prajurit kepada persit KCK Yonif 125/Simbisa.

Selanjutnya acara dilanjutkan Penulisan pesan dan kesan, penyerahan plakat dari Danyonif 125/Simbisa kepada Pangdam I / BB, penyerahan cenderamata oleh Ketua Persit KCK ranting 4 Yonif 125 Simbisa kepada ibu ketua Persit KCK PD I/BB.

Pukul 14.00 Wib Pangdam I / BB dan ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I / BB beserta rombongan meninggalkan Yonif 125 / Simbisa Kabanjahe menuju kodim 0205 / TK di Jalan Jamin Ginting Desa Raya Kec. Berastagi Kab. Karo. Disambut langsung oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel B Sikumbang, S.H., M.M, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, S.Sos di Makodim 0205/TK Jl. Jamin Ginting Kec Kaban Jahe, Kab Tanah Karo pada hari Kamis (25/03/2021).

Setibanya di Makodim 0205/TK Pangdam I/BB dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta rombongan disambut dengan Tarian Khas suku karo Piso Surit (tarian penyambutan) dan dilanjutkan dengan prosesi pemberian kebesaran masyarakat Karo yang sering disebut dengan “Uis Beka Buluh” (Kain Khas Suku Karo) oleh Malem Ukur Ginting selaku tokoh adat karo.

Selanjutnya Pangdam I/BB beserta rombongan melaksanakan tatap muka kepada Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0205/TK. Pangdam berpesan kepada prajurit agar senantiasa agar tetap disiplin dalam melaksanakan tugas di wilayah kerja, “mari dukung Program Pemerintah tentang penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Pajurit Babinsa harus bangga karena menjadi garda terdepan di tengah masyarakat,” tegas Pangdam.

Pada kesempatan ini Pangdam berpesan agar Prajurit dan PNS untuk selalu menjaga kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 selalu berolahraga, tetap mentaati Protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M,” tegas Pangdam.

Setelah memberi pengarahan kepada prajurit, PNS dan Persit Kodim 0205/TK, Pangdam melaksanakan silaturahmi ke Polres Tanah Karo.

Kedatangan Pangdam disambut Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH, S.IK beserta Jajarannya dan berbincang hangat di Aula Pur-Pur Sage Mapolres Tanah Karo. Kunjungan Kerja Pangdam I / BB ke Polres Tanah Karo dilakukan dalam rangka untuk menjalin sinergitas antara TNI dan Polri khususnya di Wilayah Kabupaten Karo.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH, SIK dalam sambutannya mengatakan, “kami bangga dengan kedatangan Bapak Panglima.
Sinergitas TNI-Polri di Tanah Karo sangat baik terutama dalam mendukung Program Nasional menangani penanggulangan Covid-19, Penanggulangan KJA dan Program Strategis Nasional,” Ujar Kapolres.

Sementara, Pangdam I / BB dalam arahannya menjelaskan, “singergitas antara TNI dan Polri bukan basa-basi, kalau TNI-POLRI kompak maka semua masalah di negeri ini dapat diatasi, sebagai petugas kita harus humanis dan Persuasif kepada masyarakat dan terkait sinergitas saya secara pribadi meminta maaf jika ada anggota saya yang secara pribadi khilaf di Lapangan, Manusia tidak ada yang sempurna,” Beber Pangdam.

Acara diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh Pangdam I / BB kepada Kapolres Tanah Karo dan berfoto bersama.

Kunjungan Kerja Pangdam I / BB beserta rombongan ke tanah aro berjalan dengan aman dan kondusif serta dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup oleh gabungan Personil Polres Tanah Karo beserta TNI.

Selanjutnya, Pukul 16:45 WIB, Pangdam I / BB dan Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD I / BB beserta rombongan meninggalkan Polres Tanah karo menuju Taman Simalem Resort untuk makan malam dan Istirahat, dan sesuai jadwal akan melanjutkan perjalanan menuju Kodim 0206/DR Kabupaten Dairi, Jumat (26/03/2021) pukul 08:00 WIB.

Penulis : Boby Haryanto/Tim

Berita Terkait