Prajurit Lanud Hang Nadim Batam Laksanakan Tes Kesamaptaan

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, BATAM – Untuk menjaga kebugaran jasmani prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim Batam mengadakan tes kesamaptaan pada Jumat (4/6/2021).

“Tes kesamaptaan jasmani dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran jasmani prajurit Lanud Hang Nadim. Hal ini dikarenakan kondisi kebugaran fisik yang prima adalah hal yang utama dan diperlukan bagi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” ujar Danlanud Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan di sela-sela kegiatan.

Danlanud menekankan agar dalam pelaksanaan tes kesemaptaan harus menyesuaikan dengan kemampuan pribadi masing-masing, serta selalu mematuhi protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Hang Nadim, Kapten Adm Asta Asura menjelaskan, pelaksanaan tes kesamaptaan ini dibagi dalam dua gelombang, dikarenakan personel Lanud Hang Nadim cukup banyak yang melaksanakan tugas pengamanan di bandara maupun tempat-tampat yang menjadi pusat perhatian terhadap terjadinya penyebaran Covid-19.

“Dalam pelaksanaannya, tes kesamaptaan diawali dengan pemeriksaan terhadap tekanan darah oleh Lettu Kes dr Aldo selaku Kakes (Kepala Kesehatan) Lanud Hang Nadim dan dilanjutkan dengan pemanasan atau perenggangan dipimpin oleh salah satu anggota Binjas Lanud,” terangnya.

Kata dia, adapun pelaksanaan tes Kesamaptaan ini terdiri dari kesamaptaan A berupa lari selama 12 menit dan samapta B berupa Pull Up, Push Up, Sit Up dan suttle run.

“Pelaksanaan tes samapta gelombang I ini diikuti oleh 18 orang personel Perwira, Bintara dan Tamtama,” tandasnya.

Berita Terkait