Tekan Penularan Covid-19, Kapolda Kepri Tinjau Program ‘Nasi Kapau’ di Lingga

Editor: Nike
Tekan Penularan Covid-19, Kapolda Kepri Tinjau Program 'Nasi Kapau' di Lingga

JALURNEWS.COM, Batam – Dalam rangka percepatan pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Polda Kepri meluncurkan Program “Nasi Kapau” (Vaksinasi Jangkau Pulau-pulau), Program ini dilaksanakan mengigat wilayah Provinsi Kepri yang 96 % terdiri dari lautan dengan ribuan pulau dan ratusan pulau yang berpenghuni. Senin (14/6/2021).

Dalam kegiatan Peninjauan pelaksanaan Program “Nasi Kapau” Kapolda Kepri didampingi oleh oleh Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolres Lingga, Bupati Lingga, Satuan TNI di Kabupaten Lingga dan Forkompinda Kabupaten Lingga.

“Vaksinasi pada hari ini dilaksanakan di gedung Endra Dharmalaksana Mapolres Lingga kepada masyarakat Dabo Singkep dan Masyarakat Pulau Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga. Bagi yang akan melaksanakan Vaksinasi cukup dengan membawa KTP beserta foto copynya,” ungkap Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt.

Jumlah dosis vaksin di Polres Lingga disiapkan sebanyak 15 Vial Sinovac dan 20 Vial Astra Zeneca dengan jumlah masyarakat Dabo Singkep yang telah divaksin pada hari ini yaitu sebanyak 350 orang, sementara di Pulau Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga sebanyak 270 orang telah mendapatkan vaksinasi dari total 2.365 orang yang ditargetkan.

Sementara itu Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, mengatakan pelaksanan Program “Nasi Kapau” dilaksanakan untuk membantu pemerintah dalam mempercepat Vaksinasi Covid-19 agar Pemulihan Ekonomi cepat berjalan.

“Ditargetkan70% penduduk wilayah Kepulauan Riau telah mendapatkan Vaksinasi sampai dengan 17 Agustus 2021. Sepanjang Vaksin tersedia, TNI Polri dan Pemerintah Daerah akan selalu siap melayani masyarakat untuk mendapatkan Vaksin Covid-19,” tegas Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman.

Lanjutnya, kegiatan Vaksinasi ini akan dilaksanakan lebih intens, kedatangan tersebut guna menjangkau pulau-pulau mengunjungi masyarakat dengan harapan tidak ada lagi masyarakat yang belum mendapatkan Vaksinasi Covid-19.

Bupati Lingga Muhammad Nizar selaku Pimpinan Daerah mengucapkan rasa terima kasih terhadap kegiatan Program Nasi Kapau yang dimotori oleh Polri, dimana Kapolda Kepri langsung turun di wilayah Kabupaten Lingga.

“Dengan adanya program ini pemerintah daerah sangat terbantu dalam menjangkau masyarakat di pulau-pulau yang mungkin tidak terjangkau oleh Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Vaksinasi,” sebut Nizar.

Ucapan terima kasih juga mengalir dari salah seorang masyarakat Pulau Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga.

“Program vaksinasi ini sangat membantu masyarakat, sehingga masyarakat yang berada di pulau bisa mendapatkan Vaksin Covid-19. Edi Soroman berharap dengan adanya Program ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Edi Soroman.

Kapolda Kepri juga menghimbau kepada masyarakat yang menjalani Vaksinasi pada hari ini, selama kegiatan Vaksinasi tetap mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, menjaga jarak dan menggunakan masker. Bersama-sama kita lawan penularan Covid-19, Walaupun sudah menjalankan Vaksinasi bukan berarti Protokol kesehatan diabaikan.(non)

Berita Terkait