Akibat Hujan Deras Air Menggenangi Jalan Rakoetta Brahmana

Editor: Nike
Jalan Rakoetta Brahmana yang tergenang air, Kamis (4/11/2021). (Foto: Edy/Jalurnews.com)

JALURNEWS.COM, Karo Berneh – Jalan Rakoetta brahmana, Jalan Nasional yang menghubungkan Sumatera Utara, Kabupaten Karo-Aceh Tenggara, Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya di Desa Lau Mulgap, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo kerap jadi langganan banjir setiap hujan turun.

Kamis (4/11/2021) hujan deras turun diperkirakan pukul 19.15WIB, tak butuh lama untuk membuat jalan Rokoetta Brahmana (Jalan Nasional) ini sudah tergenang air. 30 (tiga puluh) menit hujan turun air sudah menutupi ruas jalan lintas ini. Selain tergenang air kiriman bercampur lumpur juga kondisi jalan yang sudah rusak, berlubang dan bergelombang mengakibat susah untuk dilewati.

Akibat ruas jalan tergenang air mengakibatkan kenderaan harus berhati-hati dan sedikit antri untuk menunggu giliran melintas untuk mengantisipasi kemacetan. Ke dalam air yang menggenangi jalan lintas Nasional ini tepatnya di Desa Lau Mulgap Kecamatan Mardinding Kabupaten Karo Sumatera Utara mencapai + 50 Cm ditambah kondisi jalan yang rusak membuat beberapa kendaraan mogok.

Menurut keterangan salah seorang pengguna jalan, Pak Situmorang (40) Warga Aceh Tenggara yang kenderaannya mogok di lokasi itu menutur kepada Reporter Media Jalurnews.com di lapangan, “Sudah seringkali di sini banjir, tiap hujan turun sebentar saja banjirlah sudah, lewatnya pun susah karena kita tidak tau dimana saja yang dalam atau tidak, ini lah pas lewat yang dalam tadi mogok lah kereta ku,” jelasnya.

Masyarakat dan pengguna jalan berharap kepada pihak terkait untuk segera memperbaiki jalan ini, Sebelum menjadi lebih parah tidak tertutup kemungkinan memakan korban jiwa melihat tingginya curah hujan di musim sekarang ini.

Mulia Cipto (41) warga Kabanjahe yang kerap melintasi jalan ini untuk akses berdagang mengatakan, “Kami berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Karo untuk memperbaiki jalan ini, Bapak dan Ibu yang terhormat segera memperbaiki jalan ini sebelum makin parah, Salam satu Aspal,”  tuturnya sambil melanjutkan perjalanannya menuju Kabanjahe.

(Edy.S.G)

Berita Terkait