Satlantas Polres Kediri Kota Tindak Tegas Motor Knalpot Brong dan Siap Bekerja Extra untuk Menjaga Keamanan Natal dan Tahun Baru

Editor: Nike
Beberapa knlapot brong yang berhasil diamankan Satlantas Polres Kota Kediri, Selasa 07/12/2021, Mako Satlantas Kota Kediri. (Fot: M Zaenal Fanani)

JALURNEWS.COM, Kota Kediri – Satlantas Polres Kediri Kota berhasil mengamankan 133 sepeda motor berknalpot brong dalam razia balap liar yang dilakukan di beberapa titik wilayah hukum Polres Kediri Kota, Senin (6/12) kemarin.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Wahyudi, mengatakan razia balap liar dan knalpot brong tersebut segaja dilaksanakan menjelang pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Razia balap liar dan knalpot brong ini dilaksanakan juga atas keluhan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya balap liar dan suara bising dari knalpot brong,” ujar kapolres saat konferensi pers didampingi Kasatlantas AKP Pandri Putra Simbolon dan Kasi Humas Iptu Henry Mudi Yuwono, Selasa (7/12).

Menurut Wahyudi, dalam razia tersebut jajarannya menindak 541 pelanggaran lalu lintas. Rinciannya, 489 pelanggar ditilang dan 52 diberi teguran. Sedangkan barang bukti yang diamankan adalah 133 unit kendaraan roda dua, 335 buah STNK, dan 21 buah SIM.

“Untuk pengambilan barang bukti bisa dilakukan setelah sidang di Pengadilan Negeri Kota Kediridan pembayaran denda putusan di Kejaksaan Negeri Kota Kediri,” terangnya.

Khusus pengambilan barang bukti motor yang tidak sesuai standar, selain diminta membawa fotokopi BPKB, STNK, serta identitas diri, pemilik juga harus membawa spare part standar bawaan motor. Penggantian spare part harus dilakukan di Mako Satlantas Polres Kediri Kota.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, terutama kepada para orang tua, agar mengawasi anak-anaknya untuk selalu mentaati peraturan berlalu lintas. Untuk pelanggar yang masih di bawah umur, maka untuk pengambilan barang bukti harus didampingi oleh orang tuanya,” pungkas Wahyudi.

Adapun razia yang digelar petugas satlantas, Senin (6/12) kemarin, dilakukan di Pos Semampir JI. Mayor Bismo Kediri, Simpang 4 Mrican Jl. Gatut Subroto, Simpang 4 Alun-Alun Jl. PB Sudirman, Simpang 4 Sukorame JI. Veteran, dan Simpang 3 Jl. Iskandar Muda.

“Dan untuk Natal dan Tahun Baru Satlantas Kota Kediri siap melayani extra untuk menjaga keamanan dari kejahatan dan Penularan Covid -19 dari luar wilayah , AKP Pandri Putra Simbolon, selaku Kasatlantas Polres kota kediri Menjelaskan Bahwa dalam H – 7 Natal dan tahun baru akan memasang pos penjagaan di 3 titik di wilayah kota kediri 1. Di Terminal bus 2. Di Stasiun Kereta 3. Di tiap perbatasan dari kota kediri, dan tiap pos akan melakukan swap juga kepada pengendara dari luar kota yang ingin masuk kota kediri jika positif akan di antar ke ruang isolasi yang sudah di sediakan untuk menjalankan karantina.

Reporter : M Zaenal Fanani

Berita Terkait