Dinas BKPP Tulang Bawang Gelar acara Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, TUBA – Dinas BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan ) Tuba Mengadakan kegiatan penutupan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan I, II dan III. Acara tersebut berlangsung di aula Masjid Baiturrahman Islamic Centre Menggala, Tulang Bawang (09/12/2021).

Acara penutupan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan I, II dan III tersebut di buka langsung oleh ketua pelaksana yaitu kepala dinas BKPP Kabupaten Tuba yaitu Dra. Karmim Utari MH.

Dalam Sambutannya Ia mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih berkat partisipasi dan kerja sama dengan seluruh panitia tenaga pengajar, pendidik, dan semua aspek yang terkait.

Menurutnya, kegiatan tersebut adalah untuk membangun kompetisi ASN guna meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan program unggul 25 BMW (Bergerak Melayani Warga).selain itu Bagi aparatur sipil harus mengembangkan semangat dan inovasi sehingga bisa terwujudnya birokrasi yang berkualitas, jelasnya.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar CPNS golongan III tersebut sebelumnya telah di mulai dari tanggal 23 Agustus 2021 yang lalu dan berakhir sampai tanggal 08 Desember 2021.
Peserta yang mengikuti kegiatan itu berjumlah 89 orang. Dari kesemua peserta tersebut dinyatakan lulus seperti yang diumumkan oleh Dra. Karmim Utari MH., selaku ketua pelaksana dalam penyampaian sambutan kegiatan tersebut.

Selama mengikuti pelatihan dasar, peserta di beri bekal materi yang disajikan melalui beberapa proses, mengikuti ceramah, diskusi serta persentasi kelompok. Lamanya durasi waktu yang di terima peserta diklat mencapai 511 jam.

Kemudian dalam acara tersebut dilanjutkan Sambutan Kepala BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Lampung yang diwakili oleh Dr. Elif Heldan AP, MSi., sebagai Bidang Pengembangan Kompetensi Managerial Diklat Provinsi Lampung.

Dr. Elif Heldan AP, MSi mengatakan CPNS terpilih yang telah di rekrutmet melalui sistem yang sudah di nilai dan di ukur dari kualitas, kapasitas dan kapabilitas dan secara Intelektual.

Lebih lanjut , kata dia bahwa dengan adanya masa kini, kurikulum yang telah di produk oleh lembaga administrasi negara telah di uji kualitasnya dan menggeneralisir antara kemampuan emosional dan spiritual. Sehingga peserta diharapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional, Inovatif dan Kreatif, Jelas dia.

Predikat terbaik peserta peringkat satu yang terpilih dari masing-masing Angkatan. Angkatan pertama peserta terbaik di raih oleh Akika Rini. Dari Angkatan kedua, peserta terbaik yaitu Yulisar. Dan Angkatan Ketiga, peserta terbaik diraih oleh Yoga Pratama Adi Putra.

Kemudian selanjutnya Dilanjutkan sambutan dari Bupati Tulang Bawang Winarti, dalam hal itu diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kabupaten Tuba yaitu Saut Sinurat SH., MH.

Saut Sinurat SH., MH., menyampaikan peserta CPNS yang telah mengikuti pelatihan tersebut hendak nya menjadi ASN yang ANEKA (Akuntibilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen mutu, dan Anti Korupsi), tukasnya.

Dirinya mengatakan bahwasannya ASN adalah pelaksana kebijakan publik dan juga pelayan publik serta Perekat dan pemersatu bangsa. Maka dari itu kata dia, ASN harus bekerja dengan sungguh sungguh melayani masyarakat khususnya kabupaten Tulang Bawang.

Lanjut masih kata dia, laksanakan kegiatan publik dengan jujur dan selalu berorientasi kepada kesejahteraan rakyat.

Dia juga berpesan setelah kegiatan itu usai hendaknya menjadi ASN yang profesional, berkualitas dan Berkompeten dan jangan pernah berhenti belajar, serta progres untuk menjadi aparatur negara yang baik, dan siap untuk mengabdi, melayani publik serta bermanfaat bagi bangsa dan negara, papar dia.

Lebih lanjut, dia juga mengutarakan ASN harus memiliki sikap disiplin yang harus dibawa dalam bekerja, saling menghormati antar sesama rekan kerja dan selalu royalitas terhadap atasan. Upaya tersebut adalah untuk mewujudkan kesejahteraan, ungkap dia.

Di penghujung acara tersebut Ia langsung menutup acara penutupan pelatihan dasar CPNS Golongan III tersebut dengan resmi. Kegiatan tersebut mengunakan protokol kesehatan dengan ketat.

Penulis : Erdiansyah S, SP

Berita Terkait