Kampung Panaragan Tubaba Mengadakan Acara Pemilihan Mulei Menganai (Gadis Bujang)

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, TUBABA – Salah satu kebanggaan Adat budaya Lampung ketika hendak menggelar acara adat tidak bisa di lepaskan yang namanya Forum Mulei Menganai seperti halnya yang dilakukan Tiyuh Panaragan (FMM Panaragan), menggelar pepung istimewa keempat Guna untuk pemilihan Kepalo Menganai dan Kepalou Mulei Tiyuh Panaragan masa bakti 2022-2027, Rabu (05/01).

Acara berlangsung di balai Tiyuh setempat, dihadiri Kepalo Tiyuh dan jajarannya, Anggota BPT, Lembaga Adat Tiyuh Panaragan, Ketua Harian Dewan Kesenian Tubaba (Ansyori Ali Akbar), serta para muleimenganai Tiyuh Panaragan yang terdiri dari 5 unsur Suku Adat (Silsilah), Suku Tepuk Darak, Suku Tepuk Leban, Suku Bujung, Suku Labow dan Suku Tepuk Gabow.

Hendra Samsudin selaku Ketua Musyawarah Pepung Pemilihan Kepalo Menganai dan Mulei mengatakan, terkait kepengurusan Forum Mulei di Panaragan, masa bakti 2019/2021 telah berakhir masa jabatannya sesuai AD/ART.

“Pepung Mulei Menganai yang ke IV Tiyuh Panaragan Sesuai dengan AD/ART Organisasi, maka Pepung Mulei Menganai merupakan forum tertinggi untuk membentuk dan mengubah atau merevisi AD/ART yang sebelum nya masa jabatan dua tahun, di rubah menjadi lima tahun masa jabatan,” ucapnya

Lanjutnya, Pemilihan Kepalo Menganai dan Mulei Tiyuh panaragan di ikuti oleh 2 orang calon Kepalo Menganai dan 3 Orang calon kepalo Mulei, yang dipilih oleh mata pilih mulei dan menganai, aparatur dan jajaran anggota lembaga adat tiyuh panaragan sebanyak 144 orang terdiri dari 5 unsur Suku Adat (Geneologis) Tiyuh Panaragan yaitu, (Suku Tepuk Darak, Suku Tepuk Leban, Suku Bujung, Suku Labow dan Suku Tepuk Gabow) yang mengikuti pemilihan.

“dari hasil pemilihan dan penghitungan suara, maka untuk Kepalo menganai di Nahkodai oleh Irawan Syah dengan perolehan 64 suara.

Dan untuk Kepalou Mulei nya di Nahkodai oleh Kurnia Mentari dengan perolehan 37 suara, dengan masa jabatan tahun anggran 2022-2027,” ujarnya

Terpisah Kepalo Tiyuh Panaragan Fajar Achmad Efendi mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua Forum Mulei Menganai Panaragan yang telah melaksanakan Rapat/Pepung pemilihan Kepalou Menganai dan Kepalou Mulei Tiyuh panaragan berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas berlangsung nya pemilihan kepalou menganai dan kepalou mulei panaragan, saya juga ucapakan terima kasih yang sebanyak-banyak nya kepada kepalou menganai yang lama, yang telah banyak ikut membangun tiyuh panaragan selama ini,” kata fajar.

Demikian juga Ketua Lembaga Adat Tiyuh Panaragan, Bursyah AS, SE menyampaikan harapan kedepannya kepada kepalou menganai dan kepalou mulei yang baru dapat selalu turut ikut membangun kemajuan adat dan budaya bersama-sama antar organisasi di tiyuh panaragan. (red)

Berita Terkait