Rumput Liar Mengganggu Jarak Pandang, Ini Kata Kasi Bina Marga Anambas

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Anambas- Sembilan Puluh Lebih Ruas Jalan Di Bangun Oleh Pemkab Anambas yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Dari pantauan di lapangan jalan terkesan tidak terawat sehingga rumput liar timbul, sebagian menjalar dibahu jalan sehingga mengganggu jarak pandang disetiap tikungan.

Hasil penelusuran tim JalurNews.com, beberapa pekan yang lalu hingga tim menyambangi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),  Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Bidang PUPR KKA, Asep Bambang ketika dikonfirmasi oleh sejumlah awak media dikantornya mengaku hampir setiap tahun ada perawatan jalan.

“Kalau tahun ini tetap ada perawatan jalan dan pembersihan jalan. Rencana kami tahun ini ada kegiatan pembersih jalan dengan cara dibabat atau tebas, “Ucapnya, senin (24/01/2022).

Adapun rencana kegiatan babat rumput di ruas jalan pasir peti arah kekator Bupati, Simpang Temburun, Rintis, Genting.

“Pokonya didaerah rawan, seperti titik tikungan, kegiatan pembersih jalan disesuaikan dilapangan. Cuma itu hanya pemelihara ringan. Terkait perawatan dan pembangunan ruasjalan sama-sama penting,” paparnya.

“Pasalnya jalan setelah kita bangun tanpa dirawat, tentunya tingkat pelayan sebuah jalan pasti menurun kualitasnya.
Saya kasih contoh, bangunan gedung wajib setiap tahun ada perawatan, cuma kita ini untuk merawat atau pembersihan jalan sangat terbatas anggarannya pertahunnya lebih kurang dua ratus juta se-Kabupaten Anambas,” ungkapnya lagi.

Ia berharap kedepannya agar maksimal merawat jalan se- KKA, agar bisa ditambah anggarannya, karna selain membabat ruput yang menutup sebagian ruas jalan, juga perlu guna peningkatan bahu jalan dan penampalan jalan yang berlobang.

“Jika jalan berlobang beresiko bagi pengguna:jalan, sama dengan rumput sudah mulai menutup jalan pasti pengguna jalan tidaknyaman, “pungkasnya. (Rohadi).

Berita Terkait