Bupati Bengkalis Buka Rapat Evaluasi Triwulan Pertama Pembangunan Daerah Tahun 2022

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, BENGKALIS – Bupati Bengkalis, Kasmarni membuka secara resmi Rapat Evaluasi Triwulan Pertama Pembangunan Daerah Tahun 2022, Yang dipadukan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas SPIP dan Penguatan Manajemen Risiko pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Ball Room Hotel Surya Duri, Senin 23 Mei 2022.

Hadir dalam rapat tersebut Staf Ahli Bupati Bengkalis, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono, Asisten Prekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Kepala Perwakilan BPKP Prov Riau, Fauqi Achmad Kharir, Pejabat Pengendali Teknis Pada Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP Prov Riau Yanerius.

Kemudian seluruh Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabuupaten Bengkalis termasuk Camat se-Kabuapaten Bengkalis, Direktur RSUD Bengkalis dan Mandau serta seluruh Kepala Bagian di lingkup Seketariat Daerah Bengkalis.

Disampaikan Bupati, dengan melihat, begitu pentingnya peran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi serta untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka saya tegaskan kepada seluruh Perangkat Daerah, untuk menjadikan penerapan SPIP, tidak hanya pada unit kerja terkecil, akan tetapi hingga kepada masing-masing individu.

Karena SPIP bukan hanya upaya membentuk mekanisme administratif saja, akan tetapi juga upaya melakukan perubahan sikap dan perilaku (soft factor). Mengingat, implementasi SPIP sangat bergantung kepada komitmen, teladan pimpinan dan niat baik dari seluruh pejabat maupun pegawai perangkat daerah.

“Makanya pada hari ini, kita akan menyaksikan penandatanganan komitmen bersama peningkatan kualitas SPIP dan penguatan manajemen risiko pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sebagai komitmen seluruh Kepala Perangkat Daerah, guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berintegritas sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah,” ungkap kasmarni.

Kasmarni memberi tips Kepada kepala Perangkat Daerah dalam mengimplementasi program dan kegiatan maupun sub kegiatan, yaitu Kepala PD harus selalu bersama dan bersinergi menjaga komitmen pemerintah Kabupaten Bengkalis agar kualitas laporan keuangan daerah tetap dengan opini wajar tanpa pengecualian, Alhamdulillah, kita telah mencapai kinerja tersebut sebanyak sembilan kali berturut-turut dan harus kita pertahankan.

“Kemudian terus dorong pencapaian outcome pembangunan daerah, agar lebih terarah dan terukur, khusus pada pencapaian delapan program unggulan daerah serta selalu terapkan prinsip efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas sebagai salah satu bentuk penerapan spip yang merupakan bagian dari program reformasi birokrasi nasional,”tuturnya.(infotorial)

Berita Terkait