Upacara Peringatan Ke-75 Hari Bakti TNI AU di Lanud Silas Papare

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, JAYAPURA – Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Lanud Silas Papare, Jayapura, Jumat (29/7).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi mengingatkan pada peristiwa heroik yang mewarnai awal sejarah perjalanan TNI Angkatan Udara di kancah perjuangan bangsa Indonesia, yaitu 75 tahun silam.

“Pesawat Dakota nomor registrasi VT-CLA yang membawa bantuan obat-obatan dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia, ditembak jatuh musuh, sehingga seluruh awak pesawat, para pendahulu TNI Angkatan Udara, gugur sebagai kusuma bangsa. Peristiwa heroik ini telah terpatri dalam sanubari kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya sebagai insan dirgantara,” terang Kasau.

Lebih lanjut Kasau juga menambahkan bahwa momen gugurnya ketiga pahlawan udara tersebut mengingatkan kita, bahwa selalu ada risiko dalam pelaksanaan tugas sebagai prajurit udara, tidak boleh sekalipun, sedetik pun, ada rasa ragu, gentar, apalagi takut.

“Kita tidak boleh lengah dan abai, karena  tugas TNI AU tidak semakin ringan. Sesuai dengan tema peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU Tahun 2022 kali ini yaitu Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang disegani Di Kawasan,” lanjut Kasau.

Berita Terkait