Forum GenRe Ciptakan Talenta Remaja Untuk Kaya Dalam Berkarya

Editor: zelly
27 pembaca

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang- Forum GenRe (Generasi Berencana) Tulang Bawang menghelat rapat dalam rangka mengadakan pemilihan kepengurusan baru tahun 2022, kegiatan ini diadakan di lantai bawah Masjid Baiturahman Islamic Center Menggala Tulang Bawang, Minggu (7/8/2022).

Forum GenRe adalah suatu wadah yang dibentuk untuk melayani dan memfasilitasi para remaja agar bisa berperilaku sehat, terhindar dari pernikahan dini, seks bebas dan Napza serta mengajak remaja agar memiliki perencanaan dalam berpendidikan, meraih masa depan dengan terencana. Dan yang terpenting adalah menyiapkan pernikahan dengan penuh perencanaan.

Diketahui bahwa Forum ini dibawah naungan Bkkbn diresmikan tahun 2019 yang dilantik oleh Bupati Tulang Bawang Dr Hj Winarti, SE., MH. Ketua forum ini yang dilantik adalah Ahmad Afrizal dari SMAN 2 Menggala.

Mewakili Ketua Forum GenRe, Fatihatun Makiyah sebagai ketua forum mengatakan perhelatan tersebut merupakan suatu agenda dimana kepengurusan yang lama akan digantikan dengan yang baru.

“Jadi disini kita mengadakan pertemuan dari Forum GenRe, setiap GenRe Kabupaten Tuba ini memiliki beberapa PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja) dari SMAN 1, SMAN 2 , SMAN 3 dan lainnya, jadi setiap sekolah memiliki PIK R nya masing-masing, ” Ujar Kia sapaan akrab Fatihatun Makiyah Ketua Forum GenRe.

Kia menjelaskan bahwa selama program kerja kemarin banyak yang belum sempat dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. kendati begitu tak menampik opini untuk tetap semangat membuka lembaran baru dengan wajah-wajah baru anggota Forum GenRe, dan iapun berharap forum ini untuk selalu bergeliat berkarya dan anggota forum antusias mencalonkan diri untuk menjadi kepengurusan yang baru.

“Hasil dari pertemuan tadi si kita cuma bahas soal materi dasar seputar GenRe (Generasi Berencana) aja sih ka lalu tadi ada beberapa anak yang mencalonkan diri menjadi pengurus baru.
Dan karena ini pertemuan perdana lagi setelah beberapa waktu tidak kumpul akhirnya saya bisa liat semangat mereka lagi dan alhamdulillah juga tadi mereka sangat antusias dan happy bangett sii ka”, ujar Kia.

“Dan semangat mereka untuk merubah forum GenRe ini agar menjadi forum yang aktif dan jauh lebih baik lagi itu patut diacungkan jempol sii karna kan kemarin kita selama pandemi sempat vakum sekitar kurang lebih 2 tahunan jadi sekarang para anggota baru ini sangat excited untuk mengaktifkan lagi forum GenRe Tulang Bawang”, sambungnya.

Ia berpesan kepada kepengurusan baru agar meneruskan forum dan jangan pernah diam dan kaku dalam menyampaikan sebuah pemikiran dan mencurahkan bahwa edukasi dan inspirasi sangat penting dalam mengarungi lini kehidupan utuk para remaja.

“Pesan buat adik adik yang akan meneruskan forum GenRe Tulang Bawang agar jangan pernah ragu untuk menuangkan ide-ide kalian dan jangan takut untuk bersuara (menyuarakan isi hati atau ide – ide) kalian kedalam forum GenRe Tulang Bawang dan semoga kedepannya kalian bisa melanjutkan program kerja serta semangat kami dan semoga kalian bisa membuat nama Forum GenRe Tulang Bawang menjadi lebih dikenal lagi diluar sana dan pastinya mampu memberikan edukasi dan menjadi inspirasi untuk para remaja diluar sana”, harapnya.

Sementara tempat yang sama Diffa Famulan sebagai ketua bidang life skill mengungkapkan kenakalan remaja banyak dampaknya, apalagi pergaulan bebas, terpengaruh memakai narkoba, dari kegiatan itu ia sampaikan bisa memberikan wawasan. Dari remaja bisa melindungi bangsa.

“Katakan tidak pada seks bebas,katakan tidak pada pernikahan usia anak,dan katakan tidak pada NAPZA (narkotika,psikotropica,dan zat adiktif lainnya)”, tutur Diffa.

Selain itu, ia sampaikan delapan fungsi keluarga yaitu Agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, serta lingkungan.

“Mari kita terapkan dalam keluarga berencana 2 anak cukup”,imbuhnya.

Sementara di tempat yang sama, Desta Ardiansyah merupakan anggota forum Genre dari SMAN 1 Menggala mengatakan keuntungan dari mengikuti forum tersebut tak lain adalah menambah relasi dan pengetahuan baru.

“Genre merupakan forum dibawah naungan Bkkbn, dimana forum GenRe mensosialisasikan ke Siswa-siswi SMP dan SMA, keuntungan mengikuti kegiatan ini, kami bisa lebih banyak relasi itu yang pertama, kami bisa tahu apa sih sebagai remaja, apa sih yang bisa kami lakukan untuk bisa sadar akan pernikahan dini, kesehatan mental, relasi dan pengetahuan baru”, Pungkasnya.

Penulis : Erdiansyah S, SP

Berita Terkait

HPN