Wagub Kepri Dorong Perbanyak Kampung Germas

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, BATAM – Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina Rudi mendorong dan mendukung lahirnya Kampung-kampung Germas di Kepri. Kampung Germas ini langaung mengikutsertakamn peran masyarakat, sehingga menciptakan kehidupan yang sebat bagi masyarakat di lingkungan tersebut.

“Kampung Germas ini merupakan implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kalau sudah kita dirikan, bukan hanya selesai saat peresmian, tapi ada indikator dan pilar-pilar yang harus kita laksanakan,” kata Marlin di Galang, Kota Batam, Minggu (4/12).

Di Galang, Wagub Marlin meresmikan Kampung Germas di RW 004 Sei Raya Kelurahan Sembulang. Marlin lun ikut menandatangani komitmen Kampung Germas di Sei Raya.

Menurut Ketua TP PKK Kota Batam ini perlu komitmen semua pihak untuk menjalankan daerah ini sebagai Kampung Germas. Tak bisa hanya Ketuanya saja, tapi dukungan seluruh masyarakat di lingkungan RW 004 ini.

Marlin kembali menyampaikan tujuh pilar atau tujuh langkah penting dalam menjalankan gerakan tersebut. Ketujuh pilar itu merupakan bagian penting unguk mencegah berbagai masalah kesehatan masyarakat.

Yang pertama, kata Ketua PIKORI BP Batam ini, adalah melakukan aktivitas fisik. Rutin berolah raga, atau melakukan gotong royong merupakan aktivitas fisik yang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

“Mungkin ada waktu senam bersama. Ajak bapak dan ibu berolah raga bersama,” kata Marlin.

Pilar yang kedua adalah makan sayur dan buah. Marlin yakin di Galang, sumber untuk mendapatkan sayur dan buah cukup banyak. Tanah di Kecamatan Galang yang subur menjadi salah satu pendukung banyaknya sayur dan buah. Tinggal menjadikan makan sayur dan buah sebagai kebiasaan, terutama kepada anak-anak.

Pilar yang ketiga, menurut Marlin, agak berat untuk kaum lelaki. Pilar itu adalah tidak merokok. Kemudian pilar yang keempat adalah tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tentang pilar ketiga, Marlin paham kebiasaan ini berat untuk mereka yang perokok. Tapi dia yakin secara perlahan, kebiasaan itu bisa berkurang bahkan berhenti.

“Pelan-pelanlah. Agar kesehatan keluarga bisa tercapai,” kata Marlin.

Yang kelima adalah melakukan pemeriksaan secara rutin. Marlin mengatakan dia memang selalu mengingatkan, terutama kepada kaum ibu agar ruting melakukan cek kesehatan secara berkala.

“Ini kesehatan untuk kita,” kata Marlin.

Dua pilar terakhir adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Sempena peresmian Kampung Germas ini, Marlin langsung memberi 200 pohon bibit cabe. Bersamaan dengan itu juga diberikan pupuknya.

“Pohonnya dah agak tinggi. Semoga bisa bermanfaat,” kata Marlin.

Tampak pada peresmian Kamlung Germas di Kelurahan Sembulang itu Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam Haryanti Jefriden, Kepala Bapelitbangda Kota Batam Dahlina Nopilawati, Kadis Perberdayaan Perempuan Kota Batam Novi Harmadyastuti, Camat Galang dan Ketua Kampung Germas Habib.

Berita Terkait