PMI Tuba Gelar Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Forpis Tahun 2023

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang- Palang Merah Indonesia (PMI) Tulang Bawang Menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Forum Palang Merah Remaja Indonesia (FORPIS) Tahun 2023.
Lokasi kegiatan ini di adakan di SMA N 1 Banjar Margo, Tulang Bawang, Dimulai hari Jumat sampai Minggu (03-05/02/2023).

Turut hadir pihak guru pendamping unit – unit PMR yang mengirimkan anggota PMR dari asal sekolahnya. Dari seluruh peserta yang hadir berjumlah 29 orang hingga menjadi pengurus inti atau ketua dan sekretaris dari tiap unit-unit PMR Wira atau tingkat SMA/SMK Se-Kabupaten Tulang Bawang. Dari rangkaian acara tersebut diinformasikan yang menjadi Ketua FORPIS Tahun 2023 yaitu Hellen Melinda Wati dari SMK Kesehatan Bhakti Nusantara dari Kecamatan Banjar Agung, sedangkan yang terpilih sebagai sekretaris adalah Selina Abdul Sattar dari SMA N 01 Meraksa Aji.

Pusat data dan Informasi (Pusdatin) PMI Tuba, Deni Ahmad Saifulloh menuturkan Forum Palang Merah Remaja Indonesia atau FORPIS tujuannya adalah diharapkan menjadi agent of change (agen perubahan).

“Ya Tujuan Forum Palang Merah Remaja Indonesia diharapkan menjadi agent of change sekaligus kader kemanusiaan bagi lingkungan dan sekolahnya yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan nyata,” Ujar Deni kepada Jalurnews.com, Minggu (05/02/2023).

Menurut deni, kegiatan ini meski sederhana namun kaya akan makna yang terkandung didalamnya yakni sebagai wahana pendidikan generasi muda yang handal dan berkualitas.

Rangkaian kegiatan Forpis, Deni memaparkan tentang education tentang kepalangmerahan, kepemimpinan, dan manajemen dari Palang Merah Remaja (PMR).

“Di kegiatan forpis ini kami fasilitator juga memberikan beberapa materi antara lain kepalangmerahan, kepemimpinan juga manajemen PMR,” Ujar Deni Pusdatin PMI Tuba.

Secara detail, kata Deni,
Untuk materi Kepalangmerahan yang diberikan kepada PORPIS Tuba yaitu tentang sejarah terbentuknya palang merah dan bulan sabit merah, siapa nama pendirinya, di negara mana lalu kenapa harus pakai lambang palang merah dan bulan sabit merah.

Selain itu, Materi tentang Kepemimpinan, bagaimana caranya menjadi pemimpin, lalu ada jenis-jenis kepemimpinan, lalu berkomunikasi yang baik dengan kelompok yang di pimpin serta tujuan dari kepemimpinan.

Kemudian materi tentang manajemen PMR, apa tujuan manajemen PMR,
apa saja bentuk kegiatan yang di lakukan PMR,
Tri Bhakti PMR, peran dan fungsi PMR,
siklus pengembangan manajemen palang merah remaja serta apa saja ruang lingkup PMR itu sendiri.

“Semoga dengan terpilih nya ketua PORPIS Tuba 2023 yang baru ini bisa mempersembahkan yang terbaik kepada Kabupaten Tulang Bawang tercinta,” tutupnya.

Sementara ditempat yang sama, Ketua Forpis Masa periode Tahun 2023-2024 yang terpilih yang berasal dari SMK Kesehatan Bhakti Nusantara dari Kecamatan Banjar Agung, Hellen Melinda Wati mengatakan ungkapan terima kasihnya kepada PMI Tuba dan rekan-rekan sejawatnya yang mempercayainya untuk memimpin PORPIS Tahun 2023 ini.

“Jadi yang pertama-tama saya akan mengucapkan terima kasih untuk semuanya yang telah mempercayai saya sebagai ketua Forpis tahun 2023 untuk kedepannya saya akan membuat Forpis ini menjadi kegiatan yang sangat diminati oleh semua orang dan kegiatan ini akan berlanjut terus tidak akan pernah terhenti dan saya akan membuat kegiatan-kegiatan yang tak pernah terlupakan dan membuat Forpis tahun ini menjadi Forpis yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya,” Ujar Hellen.

Hellen berujar akan menjalankan tugasnya dan mempersembahkan program yang terbaik, menolong sesama insan manusia.

“Dan program kerja yang akan kita jalankan untuk selanjutnya yaitu ada latihan gabungan, donor darah, bulan dana, rapat bulanan, bagi takjil dibulan ramadhan nanti dan masih banyak lagi. Jadi itu adalah program kerja Forpis yang akan di jalankan selama 1 tahun ke depan,” Pungkasnya.

Penulis : Erdiansyah, SP

Berita Terkait