Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Dinas Perdagangan Tuba Gelar Operasi Pasar Murah

Editor: Redaksi

JALURNEW.COM, Tulang Bawang- Menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Perdagangan menggelar kegiatan operasi pasar murah kebutuhan bahan pokok masyarakat. Operasi pasar murah tersebut di adakan balai kampung Banjar Agung,
Kec.Banjar Agung, Rabu (11/04/2023).

Kadis Perdagangan, Amri, M.I.P mengatakan kegiatan operasi pasar murah tersebut adalah upaya pemerintah bekerja sama dengan beberapa distributor bahan pokok untuk menyediakan sembako murah ke masyarakat dengan harapan dapat membantu memenuhi kebutuhan sembako menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Operasi pasar murah tersebut diadakan 7 kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang.

“Pada kegiatan operasi pasar murah ini diadakan di 7 Kecamatan Tulang Bawang yaitu Banjar Agung, Gedung Aji, Banjar Baru, Banjar Margo, Penawar Tama, Meraksa Aji, dan Menggala,” Kata Amri Kadis Perdagangan Tulang Bawang.

Selain itu, operasi pasar murah yang diadakan tersebut adalah suatu upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pengendalian Inflasi dan stabilitas harga sembako menjelang hari raya Idul Fitri.

Berbeda dari sebelumnya, operasi pasar murah kali ini dilakukan secara tertutup dengan cara membagikan langsung kepada masyarakat yang telah terdata oleh aparatur kampung, kemudian sembako dibagikan dari rumah ke rumah agar tepat sasaran dan layak bagi yang menerimanya.

Sembako yang dibagikan itu berupa Beras 5 Kg, Gula 1 Kg, Minyak 1 Liter, Telur 1 Bungkus, Margarin 1 Bungkus, Susu 1 Kaleng, Tepung Terigu 1 Kg, Tepung Ketan 1 bungkus. Sembako tersebut ditebus oleh masyarakat dengan harga murah yaitu sekitar Rp112.000.
1.000 paket sembako akan dibagikan di setiap Kecamatan.

“Semoga operasi pasar murah ini tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar layak menerima,” tutupnya.

Sementara ditempat yang sama, PJ Bupati Tulang Bawang, Drs Qudrotul Ikhwan, MM membuka acara operasi pasar murah secara simbolis tahun 2023 di Balai Kampung Banjar Agung.

Qudrotul Ikhwan mengatakan bahwa persediaan sembako bagi masyarakat Kabupaten Tulang Bawang sejak Ramadhan Hingga Idul Fitri nanti dipastikan tercukupi bahkan stock pangan di Kabupaten Tulang Bawang dapat membackup kebutuhan pangan hingga kabupaten-kabupaten sekitar seperti Tulang Bawang Barat , dan Kabupaten Mesuji.

“Alhamdulillah stock pangan atau sembako di pasar Unit 2 sangat memadai bahkan dapat memback up bukan hanya untuk keperluan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang saja, namun juga mampu memback up keperluan masyarakat kabupaten sekitar seperti Tulang Bawang Barat bahkan Mesuji” jelas Qudrotul.

Dirinya menyampaikan bahwa stabilitas dalam ketahanan pangan serta potensi luar biasa dalam perputaran ekonomi di pasar Unit 2 tentu sangat berpengaruh positif pada upaya kita dalam menekan laju inflasi.

“Semoga hal baik ini membawa dampak positif dan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tulang Bawang” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Paket pasar Murah kepada masyarakat Banjar Agung secara simbolis. Dalam Kesempatan ini Penjabat Bupati Tulang bawang Bapak Drs Qudrotul Ikhwan MM hadir dengan didampingi oleh Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah kabupaten Tulang Bawang.

Berita Terkait