FASTA Gelar Jambore Sispala Jakarta 2023, Ini Tanggalnya

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM- Forum Alumni Sispala Jakarta (FASTA) akan melaksanakan Jambore Sispala Jakarta 2023. Sebelumnya FASTA pernah mengadakan Jambore yang serupa pada tahun 2018 dan Tahun 2029.

Namun, tahun 2020, 2021 dan 2022 tidak dilaksanakan karena badai Covid19 melanda Indonesia dan dunia, jadi tidak memungkinkan melaksanakan kegiatan Jambore. Pada tahun 2023 ini kegiatan Jambore Sispala ini akan dilaksanakan tepatnya tanggal 28-30 Juli 2023 di kawasan Ekowisata Mangrove, Pluit Jakarta Utara.

Dengan mengusung tema ‘Membangun Karakter Bersama Alam” mengajak Sispala Jakarta dan Bodetabek untuk bersilaturahmi dan melaksanakan kegiatan outdoor bersama. Hal ini juga menjadi perhatian bersama mengingat Ekskul Sispala sekarang ini sedang mengalami stagnasi dan kevakuman akibat covid19.

Rekam Jejak FASTA tidak hanya di tahun 2023 saja, menilik beberapa tahun kebelakang, FASTA Jakarta telah berperan sebagai lembaga pembinaan, pengawasan dan pendampingan ekskul Sispala, yang kita pahami ekskul yang beresiko dan butuh perhatian dari banyak kalangan terutama alumni.

Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018. Lalu pada tahun 2019 diselenggarakan kembali dan diikuti oleh 79 orang peserta dengan jumlah 43 Delegasi Ekskul Sispala Jakarta.

Jambore Sispala Jakarta 2023 kali ini akan digelar selama 3 hari yaitu dimulai dari tanggal 28-30 Juli 2023 berlokasi di Kawasan EkoWisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Pluit Jakarta Utara. Lokasi ini kami pilih sebagai lokasi Jambore dengan tujuan untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta. Jambore Sispala kali ini mengajak Sispala dari Bogor, Tangerang Depok dan Bekasi.

Adapun Jambore ini diikuti oleh 45 Delegasi Ekskul Sispala SMA, SMK dan MAN Se- Jakarta dan 10an delegasi Sispala Luar Jakarta dengan jumlah peserta sebanyak 350 orang. Diharapkan untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang upaya Pemda DKI Jakarta dalam turut serta gerakan penghijauan dan udara bersih. Dan untuk peserta luar Jakarta yang mengikuti event ini, mereka dapat mengenal ruang terbuka hijau dan taman kota yang dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.

Rangkaian acara Jambore Sispala 2023 meliputi upacara pembukaan yang akan dibuka oleh PJ Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono. Selanjutnya agenda kegiatan Talkshow tentang pendidikan karakter, tata kelola organisasi hingga penanganan Bencana.

Selain itu ada kegiatan Coaching Clinics, mulai dari olahraga Kayak, Orienteering, Water rescue, PPGD hingga pengenalan hewan oleh Snake Handling dan animal Rescue. Selain itu juga ada acara malam keakraban oleh seluruh peserta Jambore dengan agenda pentas seni dan unjuk kebolehan peserta. Acara Jambore Sispala ini ditutup dengan penanaman Mangrove bersama dengan disiapkan 200 bibit pohon mangrove yang akan ditanam di lokasi kegiatan.

Untuk info selengkapnya kunjungi sosial media kami instagram @fastajakarta @sispaladkijakarta FB; fasta Jakarta, Forum Alumni Sispala Jakarta
Nantikan keseruan acara kami ya……

Article by : Adjie Rimbawan

Berita Terkait