Kujtim Fejzulai Pelaku Teror di Wina Austria Pernah Gabung ISIS

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Wina Austria – Pemerintah Austria telah berhasil mengidentifikasi pelaku serangan mematikan yang menewaskan empat orang di Kota Wina.

Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer Mr Nehammer menggambarkan, pelaku sebagai teroris Islam berusia 20 tahun yang telah dibebaskan dari penjara Desember lalu, ditembak mati oleh polisi saat menembaki orang yang lewat.

Sebelumnya, Nehammer menggambarkan pria bersenjata itu sebagai “teroris Islam” bernama Kujtim Fejzulai, yang telah dipenjara selama 22 bulan pada April 2019 karena mencoba melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan jihadis ISIS.

Dia dibebaskan awal Desember dengan persyaratan yang lebih lunak untuk orang dewasa muda, setelah meyakinkan pihak berwenang bahwa dia tidak lagi memegang pandangan ekstremis Islam, kata Nehammer, seperti dilansir BBC, Rabu (4/11/20202).

Berasal dari Makedonia Utara, ia memiliki kewarganegaraan Austria dan Makedonia. Dia telah memposting foto di media sosial, menunjukkan dirinya dengan senjata, sebelum serangan itu.

Polisi menggeledah rumahnya dan menyita materi video. Selain bersenjata berat, dia mengenakan sabuk peledak palsu.

Pria bersenjata itu memposting foto yang menunjukkan dirinya dengan senjata sebelum serangan itu.

Nehammer mengatakan pria bersenjata itu melepaskan tembakan dengan senapan serbu Kalashnikov yang popornya telah dipotong, tetapi juga dipersenjatai dengan parang dan pistol.

Serangan itu terjadi beberapa jam sebelum Austria memberlakukan pembatasan nasional baru untuk mencoba membendung meningkatnya kasus virus korona. Banyak orang yang menikmati minuman atau makan di luar sebelum tengah malam.

Di tempat lain di Eropa, Prancis telah mengalami serentetan serangan militan Islam baru-baru ini, yang melibatkan jihadis “serigala tunggal”.

Penulis: Tata

Berita Terkait