ISIS Klaim Pelaku Serangan Teroris di Wina

Editor: Ara Cantika

JALURNEWS.COM, Wina Austria- Polisi Austria telah melakukan serangkaian penggerebekan dan melakukan 14 penangkapan setelah seorang pria bersenjata membunuh empat orang di jantung kota Wina pada hari Senin (2/11/2020) malam.

Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer Austria mengatakan 14 orang yang terkait dengan pria bersenjata itu telah ditangkap di daerah Wina, Kota St Pölten dan Kota Linz.

Dua warga Swiss – pria berusia 18 dan 24 – juga ditangkap di Winterthur dekat Zurich, yang diduga terkait dengan pria bersenjata itu.

Keamanan telah diperketat di ibu kota Austria saat polisi melancarkan perburuan terhadap penyerang lebih lanjut.

Tetapi pihak berwenang sekarang yakin pria bersenjata itu mungkin bertindak sendiri.

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan empat orang yang meninggal itu adalah seorang wanita tua, seorang pria tua, seorang pria muda dan seorang pelayan. 22 orang lainnya terluka.

Salah satu wanita yang meninggal adalah orang Jerman, seperti dilansir BBC, Rabu (4/11/20202)

Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer mengatakan tidak ada indikasi bahwa penyerang kedua telah terlibat, meskipun itu tidak dapat dikesampingkan. Polisi masih menilai sekitar 20.000 video ponsel dari apa yang terjadi.

Serangan dimulai pada 20:00 (19:00 GMT) pada hari Senin, di seberang sinagoga utama di gang pejalan kaki yang disebut Seitenstettengasse, dan berlanjut sampai pria bersenjata itu ditembak mati pada 20:09.

Polisi mengidentifikasi total enam TKP di daerah tersebut. Itu jelas serangan yang didorong oleh “kebencian terhadap cara hidup kami, demokrasi kami”, kata Kanselir Kurz.

Kelompok Negara Islam (ISIS) mengklaim dalam sebuah video di saluran propaganda online-nya bahwa mereka berada di balik serangan tersebut, tanpa memberikan bukti apa pun.

Penulis: Tata

Berita Terkait