Dengarkan Sambutan Bupati Terpilih, DPRD Asahan Gelar Paripurna

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Asahan – DPRD Kabupaten Asahan gelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan sambutan Bupati Asahan hasil Pemilukada tahun 2020. Acara di hadiri Bupati Asahan H. Surya, BSc, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab. Asahan, Forkopimda Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah, para Asisten, dan OPD.

Rapat paripurna tersebur digelar di ruang rapat paripurna DPRD Asahan, Senin (01/03/2021).Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Benteng Panjaitan, SH, MSI membuka Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan. Soalnya, telah memberikan dukungan dan kepercayaan mulai dari tahap pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan sampai dengan dilantik.

Itu bukan hanya kepada orang yang memilih pasangan H. Surya, BSc dan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi saja. Akan,tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Asahan.

“ Fase perjuangan telah kita lalui bersama, mungkin pada masa pemilihan Kepala Daerah lalu terdapat perbedaan pilihan politik. Mungkin menyebabkan kerenggangan dalam hubungan,marilah kita saling memaafkan dan melupakan semua perbedaan yang ada,”ujar Surya.

Bupati Asahan mengajak agar merajut kembali ikatan yang sempat tercerai. Dirinya mengaja bersatu padu membangun keharmonisan yang dilandasi dengan semangat Rambate Rata Raya yang mengandung makna bekerja keras bersama menuju Masyarakat Asahan Sejahtera.

Lebih lanjut, dikatakannya,untuk mewujudkan Asahan sejahtera merupakan suatu harapan yang akan terus digelorakan. Untuk mewujudkan harapan tersebut telah diusung sebuah Visi yaitu “Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter”.

Dalam rangka mewujudkan Visi Tersebut Bupati juga menjelaskan akan melaksanakan 12 Misi. Misi pertama yakni,menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional, dan akuntabel.

Kedua meningkatkan kerjasama yang intensif dengan pelaku usaha dan kelompok masyarakat. Ketiga yaitu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi.

Selanjutnya keempat menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja. Dan,kelima diarahkan untuk mewujudkan sistem pengelolaan APBD yang akuntabel, transparan dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Lalu,keenam meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam memelihara kesehatan. Ketujuh menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan memanfaatkan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui budaya literasi.

Seterusnya,kedelapan mendorong terciptanya keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Kesembilan meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur yang berorientasi pada produktivitas.

Lalu,kesepuluh juga merupakan misi yang sangat penting, yaitu mewujudkan lingkungan hidup yang berkualitas, berkelanjutan dan bernilai ekonomis. Kesebelas terkait dengan Visi Religius yaitu meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Sedangkan, keduabelas, terkait dengan visi berkarakter yaitu mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya sebagai sumber inspirasi. Hal itu,untuk meningkatkan kebersamaan, kerukunan, tolong menolong, dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

Bupati juga menjelaskan dalam rangka memberhasilkan Visi Misi tersebut H.Surya dan Taufik Zainal telah menyusun 10 Program Prioritas.“ Kami menyadari bahwa Keberhasilan Visi, Misi dan Program yang telah di sampaikan sangat tergantung dengan Kondisi ekonomi Negara dan daerah serta dukungan dari semua pihak,” ungkap Surya.

Penulis: Arnes Arbain

Berita Terkait