Dr Hotmaida Verawati Kepala RSUD Mesuji, Ini Tips dan Alasan Larangan Anak-anak Ikut Berkunjung ke Rumah Sakit

Editor: Nike
Gambar Rumah Sakit Umum Daerah Mesuji

JALURNEWS.COM, Mesuji, Lampung – Pihak rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Mesuji menghimbau larangan bagi anak-anak demi mencegah resiko kesehatan karena Ter infeksi nosokomial bagi anak-anak yang turut serta orang tua berkunjung atau ikut orang tua besuk ke rumah sakit.

Seperti diungkapkan kepala RSUD Dr Hotmaida Verawati  kepada awak media , masih belum banyak para orang tua yang mengetahui tentang resiko kesehatan ketika membawa anak-anaknya ke rumah sakit. Meskipun beberapa rumah sakit telah diberlakukan larangan besuk bagi anak di bawah umur, tapi faktanya masih banyak keluarga pasien yang ngotot membawa anaknya masuk.

“Banyak para orang tua belum paham tentang resiko ketika membawa anaknya untuk besuk kerumah sakit, padahal resiko anak-anak terinfeksi sangat rentan karena daya imunitas masih belum sempurna,” jelas Dr Hoti sapaan akrabnya.

“Ditambahkannya pihak rumah sakit melarang anak turut serta orang tua dalam membesuk pasien dirumah sakit Setidaknya ada 5 alasan yakni :

1. Sistem Imunitas anak belum Sempurna sehingga berisiko terkena infeksi nosokomial (HAIS = Healthcare Asosiation Infection) yang dapat disebarkan/ditularkan oleh pasien RS.

2. RS Tempat Berkumpul Orang Sakit

Rumah sakit tempat berkumpulnya orang sakit, sehingga banyak penyakit berbahaya yang sangat mudah ditularkan dari orang sakit ke orang lain disekitarnya.

3. Bakteri RS Jauh Lebih Ganas

Kuantitas dan kualitas serta ketahanan terhadap antibiotik dari bakteri dan kuman penyakit di rumah sakit menyebabkan bakteri di RS jauh lebih ganas dibandingkan bakteri yang sama ditempat umum lainnya.

4. Cross Infection

Infeksi nosokomial bersifat Cross Infection yaitu dapat ditularkan dari petugas medis ke pasien, dari pasien ke pasien lainnya, dari pasien ke pengunjung rumah sakit, yang ditularkan melalui kontak langsung atau melalui udara/pernafasan.

5. Risiko Tertular Infeksi Sepulangnya dari RS(Rumah sakit) berdasarkan hasil penelitian University of Iowa College of Medicine,terang Dr Hotmaida.

Lebih dalam lagi disampaikan,” Nah, mulai sekarang jika memang terpaksa untuk lebih berhati-hati saat mengajak anak anda berkunjung ke rumah sakit. Berikut hal-hal yang orang tua wajib perhatikan agar anak anda terhindar dari infeksi di rumah sakit:

1) Hindari membawa anak saat membesuk kerabat yang sedang dirawat di rumah sakit atau menemani Anda berobat.

2) Kalaupun memang anak harus mengunjungi rumah sakit, misalnya untuk imunisasi, maka hindari anak kontak langsung atau disentuh oleh orang yang Anda temui di rumah sakit.

3) Jangan berlama-lama di rumah sakit. Jika urusan Anda sudah selesai, segeralah pulang.

4) Hindari memegang benda-benda yang ada di rumah sakit.

5) Hindari makan di area rumah sakit untuk meminimalkan resiko terpapar kuman melalui air dan makanan, tandasnya.(Recky)

Berita Terkait