Bupati dan Wakil Bupati Melaksanakan Kunjungan Kerja ke Desa Delima

Editor: Nike
Bupati dan Wakil Bupati Melaksanakan Kunjungan Kerja ke Desa Delima

JALURNEWS.COM, Tanjab Barat, Jambi – Bupati Anwar Sadat lakukan kunjungan ke Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (18/08/21). Kunjungan yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Hj. Fadhilah Sadat tersebut selain dalam rangka peresmian Cafe Alas Desa Delima juga sekaligus meninjau bazar inovasi TP PKK Kecamatan Tebing Tinggi dan unit usaha kompos bumdes karya bersama.

Laporan kepala desa delima, suhono bahwa potensi ekonomi yang diwadahi bumdes di antaranya produksi pupuk kompos sebesar 3.000 ton pertahun, produksi mesin cover (pencincang pelepah sawit) sebagai bahan baku kompos, potensi pertanian terpadu termasuk pengolahan kotoran sapi sebagai bahan baku kompos, pengelolaan bumdesmart untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat sekaligus tempat pemasaran produk UMKM Desa Delima dan juga desa sekitar dan terakhir potensi spot wisata  ekologi cafe alas yang sebelum terjadinya pandemi, memiliki omzet 25-30 juta perbulan.

Bupati Anwar Sadat merasa terkesan dengan laporan potensi ekonomi desa delima yang menurutnya telah secara tepat mampu menjawab tantangan di era 4.0 dengan melakukan sinergitas potensi-potensi ekonomi kreatif sejalan dengan inovasi kepariwisataan. Pupuk kompos kata bupati adalah contoh positif dari production impact yang bisa direplikasi oleh sektor-sektor lain yang menjadi tupoksi OPD. Untuk itu dirinya berharap agar OPD lontas sektoral dapat meletakkan program serta kegiatannya tidak hanya menjadi stimulan saja akan tetapi harus bisa menjadi pendorong untuk memperkuat potensi-potensi yang ada.

Dalam kesempatan itu bupati juga menyampaikan apresiasi atas kebijakan PT WKS yang telah menggunakan produk kompos dari desa delima. Bupati juga akan mengajak perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada untuk melakukan hal yang sama kepada desa-desa yang juga memproduksi kompos.

“Nilai-nilai kemanusiaan jangan sampai hilang yang dapat mengakibatkan lingkungan sekitar menjadi rusak,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Cafe Alas yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Tanjab Barat serta penandatanganan prassati oleh bupati. Bupati juga melakukan penanaman bibit durian di lokasi cafe diikuti oleh Wakil Bupati, Ketua TP PKK, Ketua GOW dan Ketua DWP. Usai meresmikan cafe, bupati dan rombongan melaksanakan sholat berjama’ah di Masjid At Tohirin Desa Delima sekaligus memberikan bantuan CSR Bank Jambi sebesar 5 juta rupiah dan bantuan mushaf alqur’an. Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Sekolah Lapang Sanggar Alam Delima kelompok karya millenial. Pada kunjungan itu juga, bupati memberikan bantuan sebesar 5 juta rupiah kepada sekolah tersebut.

Penulis misdi

Berita Terkait