Peringati Hakordia, Bupati Tulang Bawang Winarti Sabet Penghargaan MCP 2021

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, TULANG BAWANG – Bupati Tulang Bawang Dr Hj. Winarti SE., MH., menghadiri acara Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Tulang Bawang sabet penghargaan Monitoring Centre for Prevention (MCP) terbaik ke-4 se-Indonesia. Acara tersebut digelar di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis, (09/12/2021).

Acara tersebut di hadiri oleh,Kepala staff kepresidenan Muldoko, Menteri Dalam Negeri Tito karnavian, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Ketua KPK Firli Bahuri, dan 6 Gubernur , 3 Bupati /3 Walikota.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang mengusung tema”Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi” itu dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Joko Widodo.

Presiden Jokowi Widodo mengapresiasi capaian pemulihan aset dan peningkatan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang telah dilakukan oleh aparat penegak hukum.

Presiden mendorong dalam perihal untuk ditetapkannya Undang- Undang perampasan aset tindak pidana.
Selain itu, Ia pun mendorong upaya dari KPK dan kejaksaan agung secara maksimal agar menerapkan dakwaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk memastikan terpidana mendapatkan sanksi yang tegas dan yang utama nya dapat membantu negara dalam upaya pemulihan atas kerugian negara.

Presiden Jokowi Widodo mengatakan, Indonesia telah melakukan kerjasama dengan konfederasi negara Swiss dan Rusia dalam rangka pengembalian aset tindak pidana baik di dalam dan di luar negeri serta kerjasama pencarian buronan korupsi agar para mafia migas, mafia daging, mafia pelabuhan dan mafia obat dan lain-lain nya dapat di tangkap dan di adili.

Ia juga sampaikan ucapan terima kasih kepada aparat penegak hukum yang telah bekerja secara baik.
Kendati demikian kata presiden, jangan merasa berpuas diri terlebih dahulu karena kita harus memperbaiki indeks persepsi korupsi di Indonesia yang masih beraslda di peringkat urutan ke- 102 dari 180 negara, Jelas Presiden.

Monitoring Centre for (MCP) merupakan usaha dan monitoring pencegahan korupsi. Daerah yang mendapat penghargaan MCP 2021 antara lain, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Demak, Kabupaten Tulang Bawang Lampung, Kabupaten Batubara.

Kabupaten Tulang Bawang Sendiri masuk dalam Kategori mendapat penghargaan urutan ke-4, Tulang Bawang menjadi kabupaten terbaik di luar Kabupaten di pulau Jawa yang berhasil meraih MCP 2021.

Acara penutupan tersebut ditutup oleh Wapres Indonesia KH Ma’aruf Amin, acara tersebut menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. (red)

Berita Terkait