DPRD Tuba Gelar Rapat Paripurna dalam Rangka HUT Ke-25 Kabupaten Tuba dan HUT ke-58 Provinsi Lampung

Editor: Nike
DPRD Tuba gelar rapat paripurna, Minggu (20/3) Foto: Erdiansyah, S.SP/Jalurnews.com

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang – Mengawali rapat pertamanya di Tahun 2022 DPRD Tulang Bawang kembali menggelar sidang paripurna dalam rangka agenda memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke -25 Kabupaten Tulang Bawang sekaligus memperingati HUT Ke-58 Provinsi Lampung. Rapat tersebut digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Tuba di Jl. Raya Lintas Timur Menggala Tulang Bawang, Minggu (20/3).

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Provinsi Lampung secara virtual, Bupati Tuba, Kajari, Kepala pengadilan negeri, Dandim 0426, Danlanud BYM, Kapolres, Asisten, Kadis, Staf Ahli, Pejabat Tinggi Struktural Eselon II dan III, Direktur RSUD, Rektor UMPTB, Ketua Panwas, Basarnas, Pimpinan Banser, Kementerian Agama, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pimpinan Partai Politik, dan Awak Media.

Rapat tersebut digelar secara fisik dan juga dengan Video Converence (Aplikasi Zoom Cloud Meeting). Rapat paripurna dibuka langsung secara resmi pukul 10:55 WIB oleh Ketua DPRD yaitu Sopi’i, S.H. M.H.

Dalam sambutannya Sopi’i menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yaitu Aparatur Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cendekiawan, Elemen Masyarakat Kabupaten Tuba termasuk segenap Forkopimda dan jajaran nya yang telah mendorong terciptanya suasana kondusif di Tanah Sai Bumi Nengah Nyapur, serta suasana aman, damai dan demokratis, sehingga bisa melaksanakan proses pembangunan daerah dengan baik.

Rapat paripurna tersebut mengusung sebuah tema yang bertajuk “Tulang Bawang Maju dan Sejahtera Dengan Semangat Gotong Royong dan Keberagaman”.

Menurut Sofi’i tema tersebut sangat relevan dengan semangat dan kerja keras Pemkab Tuba yang terus gencar dalam menjalankan sebuah program kerja dalam Bergerak Melayani Warga.

Ketua DPRD Tuba juga memberikan Apresiasi kepada Bupati Dr. Hj Winarti, S.E., M.H dan Wakilnya yaitu Hendriwansyah beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Tuba yang telah bersama- sama dalam membangun Kabupaten Tulang Bawang

Lanjut, masih kata Sofi’i, Ia ungkapkan atas pencapaian di segala bidang termasuk badan penyelenggaraan pelayanan publik semakin baik.

“Melalui 25 Program BMW Pemkab Tuba beserta jajaran pemerintah Kabupaten Tuba telah berhasil memperbaiki perubahan positif yang nyata dan dirasakan oleh segenap masyarakat Tulang Bawang, ” Ujar Sofi’i Ketua DPRD Tuba.

Keberhasilan pembangunan salah satunya ditandai dengan indeks pembangunan manusia yaitu di tahun 2021 sangat pesat mencapai angka sebesar 68,73%.

Untuk mencapai pembangunan dibidang pendidikan ditandai dengan semakin baiknya angka partisipasi semua penduduk kelompok usia.

Disebutkannya, peningkatan mutu sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik, bantuan laptop serta pembagian bea siswa untuk kalangan pelajar.

Selain itu di bidang kesejahteraan juga ditandai dengan peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, pemberian insentif tenaga kesehatan, ketersediaan ambulan yang memadai.

Tak kalah penting selama pandemi Covid-19 tentang stunting di Kabupaten Tuba tiga tahun terakhir terus mengalami tren penurunan yang signifikan.

“Bersyukur Kabupaten Tuba memperoleh penghargaan sebagai daerah dengan keberhasilan penurunan angka stunting terendah Se – Provinsi Lampung dan peringkat Ke -5 nasional, ” Ucapnya.

Dengan pencapaian itu Sofi’i berharap kepada elemen masyarakat kabupaten Tulang Bawang senantiasa agar selalu mematuhi 5M yakni, Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghidari kerumunan, Mengurangi mobilitas,tidak menimbulkan kerumunan agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Sementara ditempat yang sama, dalam sambutannya Bupati Tulang Bawang Hj Winarti, SE., MH, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekretaris Dewan beserta seluruh jajaran nya yang telah mempersiapkan acara tersebut dengan baik, terkhususnya kepada ketua DPRD dan wakil ketua dan seluruh anggota dewan.

“Saya berikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada pendiri kabupaten tulang bawang dan kepada pimpinan DPRD yang sebelumnya telah bersinergi kepada pemerintah yang sudah bersama-sama membangun Sai Bumi Nengah Nyapur yang kita cintai,” ujar bupati Tuba Winarti.

Selain itu Bupati yang bergelar pangeran suri tersebut menghaturkan rasa hormat dan terima kasihnya kepada seluruh tokoh Megow Pak Kabupaten Tulang Bawang dan iapun juga tidak lupa ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada pemimpin bupati terdahulu yang memimpin Kabupaten Tuba yaitu bapak H.Santori Hasan,bapak H.Abdul Rahman Sarbini, bapak AA’ Syopandi,bapak H.ir Hanan A Rozak,serta bapak Heri Wardoyo.

Bupati mengutarakan hendaknya semua yang hadir tidak melupakan jasa para pemimpin yang mewariskan api perjuangan, untuk contohnya perjuangan Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang.

“Dan seluruh yang hadir pada rapat hari ini, atas ridho Allah SWT semoga api perjuangan yang telah di wariskan oleh leluhur kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, juga pendiri bangsa kita Bung Karno akan tetap kita pegang teguh untuk mewujudkan kabupaten Tulang Bawang yang aman, mandiri dan sejahtera,” Jelasnya.

“Saya Winarti gelar pangeran suri, Bupati Tulang Bawang berserta seluruh jajaran mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Tulang Bawang yang Ke- 25 tahun selalu berjaya dan merdeka, ” pungkasnya.


(ADVERTORIAL).

Berita Terkait