Pemkab Tuba Gelar Musrenbang RKPD Kabupaten Tuba 2023

Editor: Redaksi

JALURNEWS, COM, Tulang Bawang- Pemkab Tulang Bawang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tuba 2023. Acara tersebut dihelat di aula Masjid Baiturahman Islamic Center Tulang Bawang, Rabu (23/3).

Hadir diacara tersebut Sekda Tuba Ir.Hi Anthoni, M.M, Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Provinsi Lampung Ir. Kusnardi, Master of Agriculture economic serta jajarannya, Anggota Forkopimda plus, Kepala kampung, Kapolres Tuba, Ka.Lapas, Ketua DPRD,Ketua Komisi II DPRD Tuba, Danlanud Pangeran M Bun Yamin, Dandim 0426, Camat Se-Kecamatan Tuba, Kepala Kampung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan para rekan- rekan media cetak, online , serta elektronik.

Acara tersebut bertema “Peningkatan Kualitas SDM & Infrastruktur Menuju Penguatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah”. Acara tersebut digelar secara fisik dan virtual serta menerapkan protokol kesehatan.

Selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Tuba Ir. Hi Anthoni, M.M mewakili Bupati Winarti dalam sambutannya mengungkapkan berbagai persoalan yang dihadapi dalam pembangunan daerah, manajemen pembangunan daerah hendaknya berkordinasi dan berkerja sama yang solid antara seluruh pihak yang terkait.

Dalam paparannya Anthoni menuturkan Musyawarah Rencana Pembangunan atau lebih dikenal Musrenbang merupakan wadah pembangunan dalam rangka meluruskan suatu rancangan dan dari rancangan tersebut pada umumnya dikembangkan menjadi suatu kegiatan atau kesepakatan bersama yang akan ditindak lanjuti progres selanjutnya.

Berkaca dari rencana kedepan yang akan dihadapi tentunya lebih kompleks atau semakin berat. untuk itu, kata Anthoni Ia tegaskan akan mengajak kepada elemen masyarakat untuk tetap bersinergi bekerja keras untuk membantu mensukseskan 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW).
Program-program pro rakyat kedepan akan fokus dalam pembangunan infrastruktur.

“Khususnya jalan-jalan strategis di Kecamatan akan menjadi perhatian dan fokus kita,” ucap Anthoni.

Dalam hal itu, Anthoni berharap kedepan dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi dapat bertambah mengingat adanya suatu wacana pandemi yang akan menjadi endemi.

“Kami juga sampaikan kepada pemerintah provinsi jika ada beberapa jalan yang menjadi kewenangan provinsi yang perlu ditingkatkan. Seperti jalan menuju Kecamatan Rawapitu yang menjadi lumbung padi Kabupaten Tulangbawang dan Provinsi Lampung,” terangnya.

Selain itu, Sekda Tulangbawang juga mengungkapkan jika masih ada beberapa ruas jalan provinsi di Tulangbawang yang perlu ditingkatkan.

“Harapan kita pada Musrenbang tingkat Provinsi nanti akan kita tekankan lagi agar segera selesai,” tutur Anthoni Sekda Tuba.

Sementara ditempat yang sama sambutan dari gubernur Lampung yaitu Arinal Djunaidi sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Kabupaten Tuba, dalam hal tersebut penyampaian sambutan diwakili oleh plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan yaitu Ir. Kusnardi, Master of Agriculture Ekonomic yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung.

Dalam sambutan tertulis disampaikan jika Kabupaten Tulang Bawang banyak mengalami kemajuan dibawah kepemimpinan Bupati Tulang Bawang Dr Hj Winarti, S.E., M.H.

Salah satu di antaranya yakni penurunan angka stunting Tulang Bawang pada Tahun 2021 menjadi 9,5 persen. Angka ini termasuk dalam 5 besar nasional terbaik dalam penurunan kejadian stunting.
Bahkan angka tersebut dibawah rata-rata stunting nasional sebesar 24,4 persen dan angka rata-rata stunting Provinsi Lampung 18,5 persen.

Persentase penduduk miskin di Tulang Bawang pada Tahun 2020 juga mengalami penurunan menjadi 9,33.
Indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Tulang Bawang juga mengalami peningkatan dan mencapai 68,73 persen pada tahun 2021.

Kusnardi menjelaskan, musrenbang ini penting sebab menjadi wadah perencanaan pembangunan daerah yang melibatkan seluruh stakeholder.

Sehingga, lanjutnya, perencanaan pembangunan menjadi sempurna dan selaras dengan kebijakan pemerintah pusat, provinsi lampung hingga kabupaten atau kota.

Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan sinergi dan koordinasi seluruh stakeholder terkait agar pembangunan kedepannya lebih baik.
Dirinya juga meminta capaian pembangunan di Tahun 2021 dijadikan bahan evaluasi untuk rencana pembangunan kedepannya.

“Gubernur memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Tulangbawang dan masyarakat atas gotong royong dalam membangun daerah,” Imbuhnya. (Erdiansyah, S.SP)

Berita Terkait