Bupati Bengkalis Harap Susunan Kerja Terbaik untuk ASN Profesional

Editor: Nike
Mewakili Bupati Bengkalis, Asisten Sekda Bengkalis Buka sosialisasi nomor 6 tahun 2022. (Foto/Humas)

JALURNEWS.COM, BENGKALIS – Guna mewujudkan ASN profesional, kompeten, dan kompetitif, pagi ini Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis Andris Wasono membuka secara resmi sosialisasi peraturan menteri pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi nomor 6 tahun 2022 tentang pengelolaan kinerja ASN, dan peraturan kepala badan kepegawaian negara nomor 2 tahun 2018 tentang pedoman pemberian pertimbangan teknis pensiun PNS dan pensiun janda/duda PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2022, Rabu (25/05/22).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Marina Bengkalis ini dihadiri Kepala BPKP Bengkalis Djamaluddin, Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru Anna Hasnah Hasanuddin, Narasumber Wisudo Putro Nugroho serta para peserta sosialisasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Regional XII BKN Pekanbaru Anna Hasnah Hasanuddin menyampaikan bahwa betapa dinamis nya aturan aturan kepegawaian yang terjadi pada saat pandemi Covid-19 lalu, banyak sekali aturan aturan yang berubah, apalagi kinerja tetap jalan walaupun dilaksanakan WFH, hal inilah akan mengakibatkan beberapa kepegawaian kita.

“Makanya, dalam penyusunan kita harus menyesuaikan dengan penetapan dan kebutuhan ASN kedepannya, agar tersinkronisasi dengan kinerja kita, berikan masukan kembali terkait aturan aturan ini, agar dapat memberikan kepuasan ke masyarakat terkait pelaksanaan pelayanan publik,” ujar Anna.

Pada kesempatan tersebut, Mewakili Bupati Andris juga menyampaikan bahwa guna dilaksanakan sosialisasi terkait Permanpan-RB Nomor 6 Tahun 2022 ini karena terdapat beberapa prinsip yang harus dipahami oleh pimpinan dan pegawai sebagai dasar pengelolaan kinerja pegawai.

Pertama, pegawai harus memahami pengelolaan kinerja tidak hanya sekedar menilai kinerja pegawai, tetapi sebagai instrumen untuk mengembangkan kinerja pegawai.

Kedua, pengelolaan kinerja tidak hanya sekedar merencanakan di awal dan mengevaluasi di akhir, tetapi fokus bagaimana memenuhi ekspektasi pimpinan, lalu pengelolaan kinerja yang ketiga adalah pentingnya intensitas dialog kinerja antara pimpinan dengan pegawai.

Dan keempat, kinerja individu harus mendukung keberhasilan kinerja organisasi. Serta terakhir kinerja pegawai harus mencerminkan hasil kerja bukan sekedar uraian tugas jabatan serta perilaku yang ditunjukkan dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang lain.

“Untuk itu, kami harap bapak/ibu dapat memahami bagaimana pengelolaan kinerja ASN sesuai dengan aturan dari Permenpan-RB Nomor 6 Tahun 2022 ini, agar mampu memberikan kinerja terbaik sebagai ASN dan silahkan susun rencana kinerja terbaik sesuai dengan bidang kerja organisasinya masing-masing,” tutur Andris. (Infotorial)

Berita Terkait