Satu Semester Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Tahun 2022

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang-Dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-62 tahun 2022 Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Lampung menyampaikan Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 yang telah dilakukan selama satu semester tahun anggaran 2022 yang sedang berjalan, capaian kinerja tersebut disampaikan pada Jumat (22 Juli 2022).

Leonardo Adiguna, S.H., M.H mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Menggala Azi Tyawhardana SH., MH., Dalam siaran pers Nomor: B-25/L8.16/kpn.3/07/2022, menyampaikan
Capaian Kinerja Satu Semester Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 adalah sebagai berikut:

-Bidang Pembinaan.
Capaian Kinerja Satu Semester bidang Pembinaan pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 yaitu pada Sector anggaran Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 melalui bidang pembinaan telah melaksanakan realisasi anggarang 52.48% dari keseluruhan total anggaran. Pada sector PNBP bidang Pembinaan talah melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 120%. Pada layanan Kepegawaiaan selama satu semester bidang Pembinaan telah memproses layanan kepegawaian yang terdiri dari 1) usulan kenaikan pangkat pegawai sebanyak 4 orang; 2) Kenaikan Gaji Berkala sebanyak 6 orang; 3) Cuti Pegawai sebanyak 6 Orang; 4) Diklat T.A.K Sebanyak 7 Orang; 5) Diklat Prajabatan sebanyak 2 Orang.

-Bidang Intelijen
Capaian Kinerja Satu Semester bidang Intelijen pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 yaitu bidang Intelijen telah menerima 11 Pengaduan Masyarakat dengan hasil 5 Pengaduan Masyarakat ditindak lanjui melalui APIP, 1 Pengaduan Masyarakat ditindaklanjuti dengan Operasi Intelijen Penyelidikan dengan hasil untuk dilimpah ke bidang Tindak Pidana Khusus dan 5 Pengaduan Masyarakat masih berjalan. Bahwa untuk sector Pengamanan Kejaksaan Negeri Tulang Bawang telah melakukan 5 kali Operasi Intelijen Pengamanan dalam hal pengamanaan sidang PAIDI Bin ABDUL RONI serta pengamanaan penetapan tersangka FAE dan EP selain itu bidang Intelijen telah melaksanakan Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (Pakem) terhadap Jamaah Ahmadiyah Indonesia dan Hare Krishna serta yang terbaru melakukan pencabut baiat dan mengembalikan pemikiran anggota Khilafah Muslim kepangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada sector penyuluhan dan penerangan hukum Kejaksaan Negeri Tulang Bawang telah melakukan 4 kali kegiatan Jaksa Masuk Sekolah dan 2 kali Kegiatan Jaksa Menyapa.

Pada sector Pengamanan Proyek yang Bersifat Strategis Bidang Intelijen melakukan pendampingan terhadap 5 (lima) pekerjaan Penyelenggaraan Jalan Kabupaten yang terdiri dari 2 (dua) sub kegiatan yaitu Rekonstruksi Jalan dengan sumber pendanaan Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) tahun anggaran 2022 dan Rehabilitasi Jalan dengan sumber pendanaan Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK Fisik) tahun anggaran 2022 pada Dinas PUPR14. Kabupaten Tulang Bawang Barat dengan pagu anggaran Rp 32.553.930.250,00 (tiga puluh dua milyar lima ratus lima puluh tiga juta sembilan ratus tiga puluh ribu dua ratus lima puluh rupiah).

-Bidang Tindak Pidana Umum
Bidang Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang pada semester pertama ini telah menerima 385 SPDP, 337 Berkas perkara, 268 Tahap 2 dan telah menyelesaikan 355 Eksekusi Terpidana selain itu Bidang Tindak Pidana Umum Telah berhasil melakukan Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif terhadap Cipto Suroso Bin Paidi yang melanggar Pasal 374 KUHP yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2022 dan juga Bidang Tindak Pidana Umum telah menerima penghargaan dari LPSK atas dukungan dalam mewujudkan ha katas restitusi kepada saksi dan atau korban tindak pidana.

-Bidang Tindak Pidana Khusus
Bidang Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang pada semester pertama ini telah melakukan 3 Penyelidikan, 3 Penyidikan dan 3 Ekseskusi terpidana. Bawa Bidang Tindak Pidana Khusus pada semester ini telah menetapkan 2 orang tersangka atas nama FAE dan EP atas Dugaan Tidak Pidana Korupsi Penyalahgunan dan Penyimpangan Anggaran dan Belanja Tiyuh (APBT) Tiyuh Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2021. Bahwa bidang Tindak Pidana Khusus telah melakukan Penyelamatan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp. 209.975.600,- ( Dua Ratus Sembilan Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Enam Ratus Rupiah ) terhadap dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Penydiaan Cadangan Pangan pada T.A. 2020 pada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Rp. 219.847.400,- (Dua Ratus Sembilan Belas Juta Delapan Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Empat Ratus Rupiah) yang di serahkan oleh Saksi An. RIKI ANGGANA Bin ACE Dugaan tindak pidana korupsi pengadaan concrete mixer/molen pada BUMDes se-Kabupaten Mesuji Tahun 2018 selain itu bidang Tindak Pidana Khusus juga telah menerima Pembayaran Uang Pengganti sebesar Rp.100.000.000,- (Seratus juta rupiah) Atas Nama Tersangka NASARUDDIN, SH., MH Bin MUHAMMAD UMAR terhadap Tindak Pidana Korupsi Dana Alokasi Khusus (Dak) Fisik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Tahun Anggaran 2019 Berupa Pungutan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Yang Diterima Oleh SD, SMP, Lembaga Pendidikan SKB dan PAUD dan Rp.8.873.200,- (Delapan juta delapan ratus tujuh puluh tiga ribu dua ratus rupiah) Atas Nama Terdakwa NURHADI, SH Bin EFFENDI AZ terhadap Tindak Pidana Korupsi Terkait Adanya Penyimpangan Pengeluaran Anggaran Yang Tidak Dapat Dipertanggungjawabkan Penggunaannya di Sekretariat DPRD Kabupaten Tulang Bawang TA. 2018 dan 2019.

-Bidan Perdata dan Tata Usaha Negara
Capaian Kinerja Satu Semester bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 yaitu bidang Perdata dan Tata Usaha Negara telah menerima 4 Surat Kuasa Khusus (SKK), 3 Permohonan Pendampingan dan 3 Perjanjian Kerja Sama (PKS) selain itu bidang Perdata dan Tata Usaha Negara telah telah melaksanakan 6 Pendampingan Hukum dan 38 Pelayanan Hukum Masyarakat Gratis.

Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan,
Capaian Kinerja Satu Semester bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan pada Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 yaitu bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan telah melakukan pengelolaan barang bukti sejumlah 186 barang bukti yang terdiri dari sepeda motor,mobil pakaian,sajam,senjata api,narkoba,baju,dll, mengembalikan 131 barang bukti kepada yang berhak, melakukan pentaksiran harga barang rampasan kepada KPKNL berupa 1 unit mobil dan 9 unit sepeda motor, mempusnahkan 122 barang bukti berupa obeng, bantal, handphone, pakaian, celana, sabu, ekstacy, senjata api, dan senjata tajam,rokok:60 Karton, dan 340 Slop dll selain itu bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan akan melakukan penjulan langsung terhadap barang rampasan berupa 19 unit sepeda motor dan 10 unit handphone.

“Demikian laporan Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 dalam satu semester pertama yang telah telah dilaksanakan agar kiranya Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Tulang Bawang tahun 2022 dapat menjadi refleksi seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Tulang Bawang agar dapat terus ditingkatkan kinerja dan pelayanan yang prima, professional dan akuntabel kepada masyarakat demi terciptanya Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi sesuai dengan tema Hari Bhakti Adhyaksa ke 62 tahun 2022, tutup Kejari.”(Red)

Berita Terkait