Pj Bupati Tuba Qudrotul Tinjau Langsung Bencana Banjir Di Kampung Astra Ksetra

Editor: Redaksi

JALURNEWS.COM, Tulang Bawang – Penjabat Bupati Tulangbawang, Qodratul Ikhwan, meninjau langsung korban banjir bandang di Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, pada Kamis (09/03/2023).

Penjabat Bupati Tulangbawang, Qodratul Ikhwan, didampingi Asisten I Pemkab Tulangbawang, A Suharyo, Kadis Kominfo, Desia Kusumayuda, Kepala BPBD, Kanedi dan Camat Menggala, Sofian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulangbawang, Kanedi, mengatakan, bahwa banjir bandang yang terjadi di Kampung Astra Ksetra dan Kagungan, akibat meningkatnya debit air aliran sungai Kali Miring menyusul tingginya curah hujan di sejumlah daerah yang dilalui sungai-sungai itu.

“Sekarang ini tim dibantu dengan warga sedang berada di lokasi untuk melakukan evakuasi korban banjir. Evakuasi warga korban banjir dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya luapan air sungai yang semakin meningkat, mengingat curah hujan masih tinggi,” kata Kanedi.

Lebih lanjut, Kanedi, mengatakan sesuai dengan pendataan sementara yang dilakukan, 21 unit rumah terendam banjir dan 4 rumah hancur akibat terbawa arus. Rata-rata rumah yang rusak parah terbuat dari kayu atau bangunan semi permanen. Tidak hanya itu, akibat bencana alam ini beberapa hewan ternak seperti kambing dan ayam mati terendam air.

“Pemkab Tulangbawang sudah menyiapkan tenda pengungsian di Kampung Bujung Tenuk untuk warga yang terdampak banjir. Kami akan terus meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi kemungkinan terus meluapnya sungai kalimiring. Kami juga mengimbau agar warga terus waspada dan siaga,” ucap Kanedi. (Erdi)

Berita Terkait